Wisuda STIE Bina Karya, Umar Zunaidi Harapkan Kreativitas dan Inovasi Bangun Perekonomian

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan mengharapkan kepada para lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)  Bina Karya mampu kreatif dan berinovasi dalam menciptakan peluang usaha.

Hal ini disampaikan Umar Zunaidi saat menghadiri wisuda mahasiswa-mahasiswi STIE Bina Karya, Sabtu (19/12/2020) di Gedung Balai Kartini, Jalan Gunung Leuser.

Wisuda itu dihadiri Ketua Yayasan STIE Bina Karya, Lukito beserta para Dosen, Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara, Mahruyuni, serta para wisudawan dan wisudawati Tahun Ajaran (TA) 2020.

Wali Kota menegaskan, wisuda ini bukan akhir dari sebuah perjalanan. Menurutnya, kalau hanya Sarjana hanya untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), maka itu merupakan suatu kesalahan. Karena jumlah ASN terbatas dan sangat kecil, sehingga peluangnya tipis.

“Lantas apa yang harus dilakukan. Kami menyatakan kepada para wisudawan jadi lah interprenur wirausaha yang bisa membuka peluang kerja. Bukan menjadi pencari kerja tetapi menjadi pencipta kerja,” sebutnya.

Menurutnya, Indonesia membutuhkan kreatifitas dan inovasi. Karena untuk menjadi kaya syaratnya bukan sarjana, tetapi syaratnya kemauan dan kerja keras, yang mampu berkreatifitas dan inovasi usaha.

“Untuk itu jangan kita hanya mengandalkan kesarjanaan saja. Kuliah adalah tempat untuk membekali diri kita dengan keilmuan. Bisa membedakan mana yang salah dan benar, termasuk bagaimana mencapai sesuatu dan mengukur keberhasilan dan menciptakan peluang belajarnya di kampus,” paparnya.

Sementara Mahruyuni menyampaikan, STIE Bina Karya hari ini telah melakukan proses akademik yang baik.  Menurutnya, STIE Bina Karya mendapatkan juara I  kriteria VI dan nominator kriteria VIII sekolah tinggi terbaik dalam sosialisasi Instrumen Monitoring dan Evaluasi Pemetaan Mutu tahun 2020.

Apresiasi penghargaan ini diberikan setiap tahunnya oleh LLDIKTI Wilayah I kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berkualitas di Sumut.

Menurut Mahruyuni, dalam 2 tahun berturut turut STIE Bina Karya mendapatkan prestasi yang serupa dan bahkan mengalami peningkatan prestasi. Hal ini menandakan STIE Bina Karya selalu memperhatikan mutu akademik, maupun mutu pelayanan mahasiswa dalam menjamin peningkatan kualitas mahasiswa.

“Prestasi ini juga sebagai tolak ukur bahwa STIE Bina Karya merupakan sekolah tinggi yang unggul dan berdaya saing tinggi di Sumut,” kata Mahruyuni. (Purba)