23 Ribu Orang Pelajar di Humbahas telah Divaksinasi

Pelajar disuntik Vaksin Covid-19 (foto istimewa).

Humbahas, Lintangnews.com | Ternyata sudah mencapai 90 persen jumlah pelajar di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) telah disuntik Vaksin Covid-19.

Hal itu diungkapkan Bupati, Dosmar Banjarnahor melalui Kepala Dinas Kesehatan Hasudungan Silaban kepada wartawan, Senin (13/9/2021) di ruang kerjanya.

Hasudungan mengatakan, ada 23.055 orang pelajar usia12 sampai 18 tahun telah menerima vaksin atau sudah lebih dari 90 persen mendapatkan kekebalan atas Virus Corona.

“Sementara jumlah keseluruhan target sasaran pelajar atau remaja di Humbahas sebanyak 25.745 orang,” paparnya.

Hasudungan menyebutkan, program vaksinasi Covid-19 termasuk untuk pelajar ini sampai dengan 11 September 2021 sudah sebanyak 23.055 orang telah divaksin. Dengan rincian, yakni 23.055 vaksin dosis pertama dan 48 dosis kedua.

Hasudungan menuturkan, vaksinasi yang menyasar pelajar itu telah dilaksanakan sejak awal Agustus 2021. Dengan target sasaran, mulai SMA/SMK dan SMP. Menurutnya, serbuan vaksinasi ini digelar sebagai persyaratan kesiapan untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas.

“Dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas sudah dilaksanakan per tanggal 13 September 2021 ini,” kata dia.

Dikatakannya, keseluruhan penerimaan vaksin di Humbahas meliputi Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan, pelayanan publik, lanjut usia (lansia), masyarakat umum dan rentan.

Sementara target sasaran vaksinasi di Humbahas hingga11 September sudah 108.583 orang. Ini dari jumlah keseluruhan target sasaran sebanyak 146.415 orang. Dengan rincian, vaksinasi dosis pertama telah mencapai 108.583 orang. Sementara, pada dosis kedua baru sekitar 48.717 orang.

Hasudungan menuturkan, agar pencapaian vaksinasi, pihaknya sudah memiliki langkah-langkah dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

Salah satunya, dengan melakukan sasaran ke setiap Desa, selain dipusatkan di fasilitas kesehatan (faskes). “Jadi sesuai arahan Presiden dan diteruskan pak Bupati pelaksanaan vaksinasi harus bisa ditargetkan selesai di bulan Oktober 2021,” ungkapnya.

Lanjutnya, target itu hingga selesai pada bulan Desember mulai dosis pertama hingga dosis kedua.  “Kita kaji ini bisa selesai di bulan Desember, untuk dosis pertama hingga dosis kedua,” terang Hasudungan.

Pihaknya juga mengharapkan kepada masyarakat dan remaja agar segera mendatangi pelayanan kesehatan untuk mendapatkan vaksinasi. “Kita harapkan kepada masyarakat agar ikut mensukseskan program percepatan vaksinasi ini,” sebutnya. (DS)