256 Pelajar SMP Tobasa Disiapkan Hadapi Ujian Masuk SMA Unggulan

Situasi belajar di kelas unggulan.

Tobasa, Lintangnews.com | Sebanyak 256 orang siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berasal dari 30 sekolah disiapkan Pemkab Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat dalam menghadapi seleksi masuk ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Unggulan.

Kelas unggulan yang dimaksud yakni, SMA Unggul DEL di Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti dan Yayasan Soposurung (Yasop) SMA 2 Balige.

Ini diutarakan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), Tumpal Panjaitan saat ditemui di kantornya, Jumat (8/2/2019).

Menurut Tumpal, sebanyak 140 orang guru SMP mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan IPS dari 30 SMP di Tobasa telah mendapat pelatihan dari Surya Institut Jakarta yang dibiayai oleh dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Toba Pulp lestari (TPL).

Usai melakukan pelatihan bagi 140 orang guru pada September 2018 silam, kemudian dilakukan seleksi para siswa-siswi dan mengambil 32 orang dari masing-masing sekolah yang akan dimasukkan ke kelas unggulan untuk diberi bimbingan belajar (bimbel) secara gratis hingga jadwal penerimaan siswa tingkat SMA.

Pelaksanaan bimbel itu pusatkan di 8 zona yakni Zona 1 di SMP 4 Balige, Zona 2 SMS Swasta Budi Dharma Balige, Zona 3 SMP 4 Laguboti, Zona 5 SMP Swasta Kartini Parsoburan, Zona 6 SMP 2 Porsea, Zona 7 SMP 1 Lumbanjulu dan Zona 8 SMP Swasta Bona Pasogit Parmaksian.

Pelaksanaa bimbel dilakukan sore hari setelah usai pelajaran di sekolah dengan hari yang tertentu, di mana semua biaya yang timbul ditanggung dana CSR PT TPL.

“Secara global kami akan melakukan Try Out pada 19 Februari mendatang dan akan melakukan pembinaan kesamaptaan dan psikotest guna persiapan menghadapi seleksi ke SMA Unggul tersebut yang cukup sulit,” ujar Tumpal.

Dirinya berharap, semoga kerjasama antara Disdik Tobasa, PT TPL dan Surya Institut Jakarta bisa tetap berjalan untuk dapat menghasilkan generasi muda yang cerdas.

“Terima kasih kami ucapkan buat PT TPL  yang telah menyalurkan dana CSR nya, sehingga program ini dapat berjalan sukses,” ucao Tumpal. (asri)