Bantaran Sungai Ular akan ‘Disulap’Jadi Objek Wisata dan RTH

Deli Serdang, Lintangnews.com | Bantaran Sungai Ular ditumbuhi semak belukar yang terletak di Desa Binjai Bakung, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang rencananya akan ‘disulap’ warga menjadi objek wisata dan Ruang Terbuka  (RTH).

Rencana warga ini untuk mengali potensi alam desa, sekaligus menjaga kelestarian bibir Sungai Ular yang berada di Desa Binjai Bakung.

Kepala Desa (Kades) Binjai Bakung, Topan ditemui pada kegiatan gotong royong warga mengatakan, ide melestarikan bibir sungai, sekaligus membuat pinggiran nya menjadi objek wisata sudah lama direncanakan dan baru sebulan terakhir ini bisa dimulai.

“Ini pun bisa dilakukan setelah kepedulian Tokoh Masyarakat Desa, Suyetno dan warga secara swadaya membangun dan bergotong royong membersihkan pinggiran sungai yang ditumbuhi semak belukar,” sebutnya, Minggu (16/2/2020).

Ide ini muncul karena kurangnya tempat bermain warga di RTH dan ‘hausnya’ akan tempat wisata. Direncanakan tempat wisata itu selain untuk warga Desa, juga diperuntukkan bagi para pengunjung yang datang nantinya.

“Sementara ini setiap Minggu kami melaksanakan gotong royong dari mulai membersihkan semak belukar yang tumbuh di pinggiran sungai. Kami juga membangun tembok penahan tanah agar pinggiran sungai tidak abrasi dihantam derasnya alur sungai,” sebut Topan.

Selain adanya objek wisata dan RTH, pihaknya juga akan membuka taman edukasi. Ini agar bisa dinikmati seluruh warga dan pengunjung.

Tokoh Masyarakat, Jamalin menuturkan, ada 2 hal yang mereka llakukan saat ini, selain gotong royong untuk menjaga atau melestarikan bibir sungai. Ini juga untuk mengali potensi alam Desa dan menjadikan suatu tempat wisata yang nantinya akan dibuat wisata apung.

“Walaupun objek wisata ini dibua, tetapi kami tetap akan menjaga kelestarian sungai. Tujuan lain dari kegiatan ini, untuk memberdayakan warga di bidang wisata dan mengajak mencintai alam atau sungai,” tutup Jamalin. (Idris)