4 Pilar Kebangsaan, Ini Pesan Anton Sihombing Buat Mahasiswa Nommensen Siantar

Anton Sihombing saat memberikan pemaparan dalam acara pengokohan 4 Pilar Kebangsaan di Kampus UHN HKBP Nommensen Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Ancaman terhadap ideologi negara disebut tetap berlangsung, meskipun ideologi global seperti komunisme dan liberalisme tidak lagi menjadi ancaman.

Namun tidak berarti ideologi Pancasila sepi dari paham fundamentalisme agama yang ingin menggantikan dasar negara Pancasila seperti khilafah harus tetap diwaspadai.

Hal ini disampaikan Anton Sihombing anggota DPR RI saat menjadi pembicara dalam acara pengokohan 4 Pilar Kebangsaan di Kampus UHN HKBP Nommensen Siantar, Sabtu (12/1/2019).

Disampaikan Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI ini, pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai pilar utama dalam berbangsa harus dipertahankan.

“Segala bentuk ideologi di luar ideologi Pancasila yang berpotensi mengancam kedaulatan negara, masyarakat terutama mahasiswa harus melawan,” sebut anggota Fraksi Golkar DPR RI.

Ketua Panitia Pelaksana, Pdt Melvin Simanjuntak didampingi Sekretaris Panitia, Pdt Darman Samosir menyampaikan, kegiatan pengokohan tidak semata-semata implementasi program DPR RI, namun ini sebuah komitmen dan tugas warga negara yang konsern dalam 4 Pilar Kebangsaan.

Ribuan mahasiswa yang mengikuti acara 4 Pilar Kebangsaan di kampus UHN HKBP Nommensen Siantar.

Rektor UHN HKBP Siantar, Sanggam Siahaan menyebutkan, sesuai Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2018, tanggungjawab perguruan tinggi untuk mengawal ideologi mahasiswa.

“Hari ini kita mulai dengan pengokohan ideologi kebangsaan. Kita berharap rasa cinta kebangsaan semakin meningkat,” ujarnya.

Ia berharap para narasumber dapat membantu civitas akademika UHN HKBP Nommensen Siantar agar dapat memahami konsep 4 Pilar Kebangsaan. Sehingga rasa kebangsaan dapat dipertahankan dan dikembangkan.

Amatan wartawan, kegiatan yang dirangkai dengan pertemuan orang tua mahasiswa dalam rangka pembentukan Ikatan Orang Tua Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Siantar diikuti lebih dari 1.500 orang mahasiswa.

Anton Sihombing sebelum menutup pemaparannya mengatakan 4 Pilar Kebangsaan adalah sistem nilai atau prinsip dalam berbangsa dan bernegara. Dengan prinsip tersebut, tujuan bernegara yaitu mencapai adil dan makmur dapat tercapai.

Kegiatan tampak diikuti secara serius oleh ribuan mahasiswa UHN HKBP Nommensen Siantar. Terbukti dalam sesi tanya jawab, ribuan mahasiswa dari berbagai prodi ini tampak antusias mengikuti. (elisbet)