Luhut Panjaitan : Untuk Tujuan Wisata, DLH Tobasa harus Perioritaskan Kebersihan

Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menghadiri pemaparan pembangunan tujuan wisata didampingi Bupati Tobasa, Darwin Siagian dan Kapolres AKBP Agus Waluyo.

Tobasa, Lintangnews.com | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan memberikan penekanan dalam menjaga kebersihan daerah tujuan wisata.

Ini disampaikan di sela-sela kunjungannya ke Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat(11/1/2019) di gedung Auditorium Institut Teknologi DEL.

“Sebagai tujuan wisata yang akan menjadi Monaco of Asia, maka Kabupaten Tobasa salah satunya harus menjaga kebersihan daerahnya untuk memikat wisatawan,” sebut Luhut.

Selain pembangunan pembenahan tujuan wisata dan infrastrukturnya, Luhut menuturkan, tidak lah lengkap,jika suatu objek wisata tak menjaga kebersihann agar terlihat asri.

“Bagaimana caranya mengunjungi satu daerah, terlebih itu merupakan tujuan wisata, jika tidak menjaga kebersihan dan terlihat seperti kumuh, orang akan enggan datang,” jelas Luhut.

Dia juga meminta Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Tobasa yang dipimpin Mintar Manurung agar lebih memperhatikan dan sebagai salah satu perioritas dalam mengatasi sampah di daerah itu untuk kenyamanan pengunjung wisata.

Sementara Mintar Manurung berjanji, akan berupaya semaksimal mungkin menata Kabupaten Tobasa menjadi tujuan wisata bersih yang bebas sampah.

Pemaparan pembangunan tujuan wisata itu dihadiri Bupati Darwin Siagian, Kapolres AKBP Agus Waluyo dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Tobasa. (asri)