Tim KARS Lakukan Penilaian Akreditasi di RSUD Porsea

Tim KARS saat melakukan peninjauan di RSUD Porsea berfoto bersama para dokter dan tenaga medis.

Tobasa, Lintangnews.com | Selama 3 hari mulai Kamis-Sabtu (22-24/11/2018) Tim Surveior Akreditasi Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melakukan penilaian di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Penyelenggara Jaminan Sosial seperti BPJS Kesehatan akan mencapai cakupan kesehatan semesta atau universal health coverage (UHC) pada tahun 2019. Jika tidak terakreditasi, sanksinya tidak bisa melayani pasien program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Dengan digelarnya surveior akreditasi oleh KARS di RSUD Porsea lolos dalam penilaian, dan menjadi Rumah Sakit yang terbaik di Kabupaten Tobasa”  sebut Kepala RSUD Porsea, Tihar Hasibuan, Kamis (29/11/2018).

Dia menilai, dengan ini kedepannya, RSUD Porsea akan lebih meningkatkan mutu pelayanan kepada mayarakat dan menjadi kepercayaan setiap warga Kabupaten Tobasa untuk berobat.

Menurutnya, terintegrasinya jaminan mutu dan kualitas layanan kesehatan ke dalam budaya kerja organisasi dan standar operasional RS, tentu memerlukan standar penilaian yang dilakukan melalui proses akreditasi.

“Manfaat dilakukannya akreditasi bagi RS diharapkan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat, bahwa segala prosedur pelayanan kesehatan diselenggarakan dengan baik, sesuai standar mutu pelayanan, serta memprioritaskan keselamatan pasien,” sebut Tihar.

KARS menetapkan SNARS Edisi 1 Tahun 2018 sebagai standard penilaian akreditasi yang berlaku mulai bulan Januari 2018. Ini membuat RSUD Porsea mengikuti akreditasi RS yang diakreditasi program khusus dengan mengikuti  4 BAB dari 16 BAB untuk yang regular. Dan secara bertahap dalam jangka 3 tahun akan mengikuti Reguler di 16 Bab.

“Kesimpulan dari 4 BAB adalah sasaran keselamatan pasien, pencegahan dan pengendalian infeksi, hak pasien dan keluarga dan kompetensi dan kewenangan staf,” sebut Tihar.

Bupati Tobasa, Darwin Siagian berharap, dengan akreditasi nantinya yang diuntungkan adalah masyarakat. Ini mengingat akreditasi yang baik akan berdampak pada pelayanan yang juga lebih baik dan meningkat di RSUD Porsea. (asri)