Ada Caleg di Simalungun Diduga Gunakan Mobil Negara untuk Berkampanye

Mobil dinas diduga milik Wakil Bupati Simalungun dijadikan kendaraan kampanye.

Simalungun, Lintangnews.com | Salah seorang Calon Legislatif (Caleg) di Kabupaten Simalungun diduga menggunakan fasilitas milik negara untuk berkampanye.

Oknum Caleg dari Partai Demokrat nomor urut 4 Daerah Pemilihan (Dapil) 3 itu diduga menyulap mobil dinas (mobnas) Wakil Bupati Simalungun menjadi kendaraan kampanye.

Dugaan itu disampaikan sejumlah warga di Kecamatan Bandar Masilam Kabupaten Simalungun. Dimana Kecamatan ini termasuk wilayah pada Dapil 3 pada Pemilihan Legislatif (Pileg) di Kabupaten Simalungun.

“Kami menduga mobil jenis fortuner nomor polisi (nopol) BK 4 PD yang digunakan oknum Caleg dari Partai Demokrat bernama Pendi Damanik adalah kendaraan tugas Wakil Bupati Simalungun BK 2 T,” duga warga, Sabtu (30/3/2019).

Warga yang tak ingin namanya dituliskan, meminta agar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Simalungun, bidang Divisi Hukum dan Penindakan untuk segera melakukan investigasi terkait kepemilikan kendaraan tersebut. Dan bila benar, agar oknum Caleg itu diberikan sanksi.

“Oknum Caleg itu dekat rumahnya dengan tempat kami tinggal, dia itu angkuh dan kurang bermasyarakat. Kami harapkan untuk segera ditindaklanjuti Bawaslu sehingga terungkap kepemilikan kendaraan tersebut. Bila terbukti segera diberi sanksi,” imbuh warga.

Informasi dari pihak Kepolisian dihimpun, nomor polisi (nopol) BK 4 PD yang digunakan kendaraan jenis Fortuner itu merupakan pilihan. “Lebih detailnya, ke Pemkab Simalungun dikonfirmasi. Jika memang ada dugaan kendaraan itu fasilitas negara,” imbuhnya.

Sementara. Pendi Damanik tidak bersedia menanggapi konfirmasi terkait pemakaian mobil negara itu, meskipun nada dering telepon selulernya aktif. (zai)