Ada Caleg Janjikan Program PKH, Ini Kata Kadinsos Siantar

Program Keluarga Harapan (Ilustrasi)

Siantar, Lintangnews.com | Untuk tahun ini, di Kota Siantar ada 13.683 penerima bantuan mencakup warga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), beras sejahtera (rastra), bantuan BPJS Kesehatan dan lain sebagainya.

Hanya saja menurut penuturan Dian (42) salah seorang warga Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Barat saat ditemui lintangnews.com menyampaikan ada Calon Legislatif (Caleg) menyampaikan pada warga untuk memilihnya agar nantinya dapat bantuan PKH.

“Ada Caleg di Daerah Pemilihan (Dapil) II yang berjanji ke masyarakat, jika memilihnya akan dapat program PKH. Ini kan penyesatan namanya,” tandas bapak anak 1 ini, Selasa (12/3/2019).

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemko Siantar, Pariaman Silaen menyampaikan penerima PKH sudah ditentukan. “Hanya pergantian yang mana layak atau tidak, itu yang masih proses,” sebutnya.

Sambung Pariaman, Pemko Siantar akan melaksanakan program penempelan stiker bagi seluruh masyarakat penerima bantuan dari pemerintah. Menurutnya, banyak ditemukan sebelumnya penerima PKH, padahal orang kaya, namun ngotot agar dapat lagi.

“Sehingga kita siasati pemasangan stiker untuk penerima PKH,” ucap Pariaman, sembari menyampaikan, ada 4.679 penerima PKH untuk Siantar.

Disinggung laporan masyarakat tentang adanya Caleg mengiming-imingi masyarakat dengan program PKH, Pariaman menerangkan, PKH merupakan program dari Presiden Jokowi melalui Kementerian Sosial (Kemensos) yang disalurkan ke Pemko Siantar lewat Dinsos.

“Mungkin itu iming-iming dari Caleg yang bersangkutan agar memilihnya. Padahal penentuan penerima program PKH ini dari pendamping PKH. Mereka yang menentukan,” sebut Pariaman. (elisbet)