Adat Batak Sakral Warnai Syukuran Pelantikan Bupati dan Wabup Taput

Adat Batak yang sakral mewarnai acara syukuran pelantikan Bupati Taput, Nikson Nababan dan Wakil Bupati, Sarlandy Hutabarat.

Taput, Lintangnews.com | Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan dan Ketua TP PKK, Satika Simamora di Bulang-Bulangi dalam syukuran pelantikan yang digelar di rumah dinas, Selasa (30/4/2019).

Bulang Bulang merupakan salah satu kegiatan sakral di adat Batak berupa pemberian pakaian kebesaran sebagai Raja.

Selain itu juga, Lembaga Adat Dalihan Natolu ikut menyematkan ulos kepada Wakil Bupati, Sarlandy Hutabarat didampingi istri, Marsaulina Lumbantobing.

Syukuran digelar atas pelantikan Bupati Nikson Nababan dan Wakil Bupati, Sarlandy Hutabarat yang telah dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmyadi di kantor Gubernur, Medan, Selasa (23/4/2019) lalu.

Bupati Taput, Nikson Nababan dan istri, Satika Simamora saat di Bulang-Bulangi dalam acara syukuran pelantikan.

Tampak dalam acara syukuran itu dihadiri ribuan masyarakat yang tumpah ruah hingga sepanjang jalan depan rumah dinas Bupati Taput.

Hadir dalam acara syukuran itu, Anggota DPR-RI Sukur Nababan, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor dan Wabup Saut Parlindungan Simamora, Ketua DPRD Humbahas, Manaek Hutasoit, Ketua DPRD Taput, Poltak Pakpahan, Dandim 0210/TU, Letkol Rico Siagian, Kapolres AKBP Horas M Silaen, mewakili Kajari, Sekda Edward Tampubolon dan Opung Halasan Nababan boru Sihombing.

Hadir juga tim pemenangan Nikson-Sarlandy, partai pendukung, Reguel Simanjuntak, Taput Hebat, Top One, RBN, Relasi, CNN dan lainnya. (pembela)