AKBP Agus Waluyo Hadiri Undangan Bupati Simalungun dalam Rakor Pilkada 2020

Bupati Simalungun, JR Saragih saat memimpin rakor Pilkada 2020 Simalungun, dimana abangnya, Anton Achmad Saragih adalah salah satu Calon Bupati.

Simalungun, Lintangnews.com | Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo menghadiri undangan Bupati Simalungun, JR Saragih dalam rangka rapat koordinasi (rakor) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 Simalungun.

Rakor itu berlangsung di Posko Sat Gas Covid 19, Jalan Asahan Km 6, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Jumat (4/12/2020) sekira pukul 19.00 WIB.

Kegiatan itu turut dihadiri, Dandim 0207/Simalungun, Letkol Inf Roly Souhoka, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Abdul Hadi Nasution, Kajari Simalungun, Gloria Sinuhaji, Ketua Bawaslu, M Chohir Nasution, Ketua KPUD, Raja Ahab Damanik dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diwakili dari Dinas Kesehatan (Dinkes).

JR Saragih menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan Pilkada, di antaranya seiring dengan situasi dan kondisi yang sangat dinamik saat pelaksanaan Pilkada Serentak dengan tahapan-tahapan dimana Pemkab Simalungun harus melaksanakan kegiatan itu saat pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Pemkab Simalungun perlu mengharmonisasikan antara penyelenggara Pilkada, dalam hal ini KPUD, Bawaslu dengan pendukung lainnya terkait dengan pengamanan dari TNI dan Polri, serta pemerintah daerah,” kata JR Saragih.

Sementara Kapolres mengatakan, Pilkada 2020 Simalungun dilaksanakan dalam situasi yang berbeda di tengah masa pandemi Covid-19, sehingga perlu peran dari semua elemen untuk dapat berjalan aman dan damai, terlebih aparatur Kecamatan menjadi ujung tombak di lapangan agar dapat bersinergi dengan pihak penyelenggara, yakni KPUD dan Bawaslu beserta jajaranya. Sehingga pelaksanaan Pilkada berjalan kondusif dan sukses.

“Jika terdapat gejala atau hal-hal yang dapat mengganggu situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam pelaksanaan Pilkada Simalungun agar dilakukan tindakan tegas. TNI-Polri netral dalam pelaksanakan kontestasi Pilkada tahun 2020 di Simalungun,” janji AKBP Agus.

Lanjutnya, Polri sudah melakukan kesiapan pengamanan Pilkada dengan melatih anggota dalam kesiapsiagaan, serta membangun komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda.

Ketua KPUD Simalungun, Raja Ahab Damanik memberi  apresiasi atas perhatian Bupati JR Saragih dan jajaran Pemkab Simalungun, serta stakeholder terkait dalam rangka menyukseskan tahapan Pilkada agar bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar. (Rel/Zai)