Akibat Wereng, Petani di Pantai Labu Terancam Gagal Panen

Salah seorang petani menunjukkan tanaman padi yang terserang wabah wereng batang.

Deliserdang, Lintangnews.com | Petani di Desa Durian dan Desa Kubah Sentang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang terancam gagal panen. Pasalnya, puluhan hektar tanaman padi mereka terkena hama wereng batang coklat.

Pantauan di persawahan kedua desa, Rabu (9/1/2019), terlihat pucuk tanaman padi warga mulai merah dan kehitaman.

Salah seorang petani warga Dusun III Desa Durian, Misdino(50) yang mempunyai lahan persawahan seluas 8 rante ini, berharap pihak Dinas Pertanian (Distan) Deliserdang serta petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) cepat turun tangan untuk mengantisipasi wabah yang telah menimpa tanaman padi mereka.

“Karena tanaman itu merupakan menjadi tulang punggung untuk menghidupi keluarga dan anak-anak bersekolah. Jangan tunggu lama-lama,” harapnya.

Kondisi tanaman padi yang terserang wereng batang.

Petani lainnya, Buyung(52) warga Dusun I menuturkan, meskipun sudah ada wabah wereng di desa mereka, namun petugas PPL sampai saat ini belum ada melihat atau turun ke lapangan.

“Kami mau secepatnya diantisipasi atau dilakukan penyemprotan agar tanaman bisa diselamatkan,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Durian, Supiadi yang ikut menyaksikan kondisi tanaman petani mengatakan, akan langsung menjumpai PPL, petugas pengendali hama dan pertanian kecamatan untuk melaporkan wabah itu agar  diantisipasi secepatnya. (idris)