Angin Puting Beliung Tenggelamkan Kapal di Perairan Pulau Pandan, 1 Tewas 12 Selamat

Evakuasi terhadap korban KM Pinang Sebatang yang tenggelam.

Batubara, Lintangnews.com | Kabar duka datang dari perairan laut seputaran Kuala Pulau Pandan, Kabupaten Batubara, Kapal Motor (KM) Pinang Sebatang tenggelam dihantam angin puting-beliung.

Informasi diperoleh, peristiwa nahas kecelakaan laut yang menewaskan nakhoda kapal tersebut, terjadi pada Senin (22/7/2019) dini hari. Yakni di saat para kru kapal memancing cumi.

Akibat kejadian, nakhoda KM Pinang Sebatang, tewas di dalam ruangannya yang terkunci, diduga tidak bisa dibuka, karena gugup saat kapalnya dihantam angin puting-beliung.

Sementara 12 Anak Buah Kapal (ABK) KM Pinang Sebatang lainnya dinyatakan selamat, karena melompat ke laut di saat kapalnya dihantam angin puting beliung.

Adapun nama-nama ABK KM Pinang Sebatang yang tenggelam adalah:

1. Amri Pasaribu (56) warga Jalan Yos Sudarso Kelurahan Kapias Pulau Buaya Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai dinyatakan meninggal dunia.

Proses evakuasi terhadap korban kapal tenggelam.

12 ABK yang dinyatakan selamat antara lain:

1. Arifsyah (31).
2. Deni Dermawan (31)
3. Jefri (30).
4. Muhammad Rizky (35).
5. Adlin Syahri (34).
6. Teguh, Umur (36).
7. Mansyur Damanik (30).
8. Syahputra Tarigan (35).
9. M Rajuddin (33).
10. Kaharuddin (31).
11. Reza Gunawan (31).
12. Ramses Marpaung (37).

ABK yang selamat, semuanya masih satu alamat dengan nakhodanya di Kelurahan Kapias Pulau Buaya, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai.

Pasca kejadian, sekira jam 06.00 wib, Tim SAR dari Basarnas TBA mendapat informasi dari pihak pengurus kapal, langsung berangkat menuju daerah kejadian untuk memberikan pertolongan.

Selanjutnya, sekira pukul 12.30 WIN korban yang meninggal dunia dan selamat tiba di Dermaga Panton Desa Bagan Asahan Induk, Kecamatan Tanjungbalai. Kabupaten Asahan.

Mereka dievakuasi dengan menggunakan kapal KM.RED ANSON II GT.6 no.008/PHb/S7. (red/LN)