Antisipasi Banjir Susulan, Warga Sarang Burung Gotong Royong

Kegiatan gotong royong yang dilakukan warga Desa Sarang Burung.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Tingginya intensitas hujan yang turun akhir-akhir ini membuat beberapa wilayah Desa di Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang terendam banjir.

Musibah terparah terlihat terjadi di Desa Sarang Burung, sehinggabeberapa rumah warga digenangi air dan lahan persawahan tampak seperti lautan.

Akibat kejadian itu, aktifitas warga terganggu dan lahan persawahan pun gagal tanam.

Untuk mengurangi dampak banjir sekaligus mengantisipasi akan datangnya banjir susulan, warga Dusun 4 yang diprakarsai Ketua SPSI-SPTI Sarang Burung, Armadan dan Kaur Desa Katimin melakukan kegiatan gotong royong, Rabu (3/11/2021).

Titik sasaran gotong royong dengan membersihkan parit besar yang terletak di Dusun 4 hingga tembus ke tempat pembuangan akhir (sungai).

Pada kesempatan itu, warga dibantu Bhabinkamtibmas, Aiptu Bonar Pasaribu  bahu membahu membersihkan parit agar air lebih lancar mengalir.

Armadan menuturkan, pihaknya mengerahkan warga dan anggota SPSI untuk melakukan gotong royong di beberapa titik seperti parit, agar air yang mengenangi rumah warga dan lahan persawahan cepat surut serta mengantisipasi datangnya banjir susulan.

Sementara itu Kaur Desa, Katimin mengatakan, banjir terjadi akibat tingginya curah hujan yang terjadi seminggu belakangan ini. Namun banjir ini tidak terlepas dari kurang sadarnya warga untuk bergotong royong membersihkan saluran air di lingkungannya.

“Pihak Desa sudah sering menghimbau dan mengajak warga untuk melakukan gotong royong setiap bulannya, namun tidak diindahkan,” sebutnya.

Dirinya berharap, semoga dengan adanya musibah banjir, maka warga sadar penting menjaga lingkungan serta tidak membuang sampah di sembarangan tempat. (Idris)