Antisipasi Terserang Ispa, KRNS Bagikan Masker Secara Gratis

Dewan Eksekutif KRNS, Arozi Siagian saat membagikan masker kepada warga pengguna jalan

Simalungun, Lintangnes.com | Sejumlah warga menggunakan masker medis di tengah-tengah kabut asap yang menyelimuti Kota Serbelawan, Kecamatan Dolok Batunanggar, Kabupaten Simalungun, Minggu (22/9/2019) sekira pukul 10.00 WIB, tepatnya di depan kantor Koramil 05/Serbelawan.

Aroji Siagian selaku Dewan Eksekutif Komunitas Relawan North Sumatera (KRNS) didampingi Suheri dan Haliman Nasution menerangkan, pihaknya melakukan aksi ini murni untuk kepedulian warga, dengan membagi-bagikan masker gratis kepada warga mengingat dampak asap kebakaran hutan dan lahan masih dirasakan.

“Kami melakukan aksi ini murni untuk kepedulian warga Serbelawan dalam berkendara maupun melakukan aktifitas lainnya,” kata Aroji.

Dia berharap, dengan pemberian masker itu bisa mengurangi dampak asap bagi kesehatan masyarakat yang sedang beraktifitas di luar ruangan.

Aksi ini juga diikuti Karang Taruna, Polsek Serbelawan dan Koramil 05/Serbelawan agar masyaarakat sekitarnya terhindar dari berbagai penyakit akibat asap kebakaran hutan dan lahan.

“Saat ini kita melakukan ini untuk mengantisipasi warga menderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) akibat terpapar asap kebakaran hutan,” sebut Aroji.

Kapolsek Serbelawan, AKP Bambang Suprayetno melalui Kanit Reskrim, Ipda Frisel Sitohang, juga mengimbau warga untuk mengunakan masker dalam aktifitas di luar rumah, terutama bagi anak-anak.

Sementara Danramil 05/Serbelawan, Kapten Inf Hairul Hadi juga mengatakan, aksi bagi-bagi masker dimaksud untuk melindungi kesehatan masyarakat..

Hadir dalam aksi bagi bagi masker itu yakni, Ketua KRNS Simalungun, Haliman Nasution, Reza Septa, Dody Saragig, Siti Nur Aisyah, Ratna Sari Dewi, Suheri, Parwin Rangkuti, Dwi Irawaty, pengurus Karang Taruna, Syamsiwendy Rambe, Priadi, Imam Fachroji Aulia Siagian, Rizky Adinda, serta Babinsa Koramil 05/Serbelawan yakni, Serda Wawan Santoso, Serda Rudi dan Serda Armansyah. (rel/zai)