Apakah Pelantikan Hasil Pilkada 2020 Siantar dan Labuhanbatu Dilakukan Serentak?

Pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Ilustrasi).

Siantar, Lintangnews.com | Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi telah melantik 2 pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 di Aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas Gubernur, Kamis (22/7/2021) lalu.

Mereka yang dilantik itu adalah pasangan Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utammi Nasution sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina), serta Edimin-Ahmad Padly Tanjung sebagai Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel).

Sampai saat ini, tinggal 2 daerah yang belum dilantik hasil Pilkada 2020, yakni Kota Siantar dan Kabupaten Labuhanbatu.

Kabag Setda Pemprovsu, Ahmad Rasyid Ritonga saat dikonfirmasi soal kemungkinan hasil Pilkada di Siantar dan Labuhanbatu dilantik menuturkan, hal itu melihat situasi dan kondisi kesiapan administrasinya.

“Jika bisa sama-sama selesai ya bagus bisa serentak. Kalau tidak, ya sendiri-sendiri lah,” ujarnya, Selasa (27/7/2021).

Dia menjelaskan, untuk daerah Labuhabatu, sejauh ini pihaknya masih menunggu penetapan dari Mahkamah Konstitusi (MK). “Berkas usulannya ke Provinsi juga belum,” tuturnya.

Untuk Siantar sambungnya, Pemprovsu telah menerima surat balasan dari DPRD Siantar tentang pemberhentian Wali Kota, Hefriansyah dan Wakil Wali Kota, Togar Sitorus, serta pelantikan hasil Pilkada 2020.

“Kemungkinan konsultasinya akan kita lakukan virtual dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan DPRD Siantar,” tandasnya. (Elisbet)