Bupati Humbahas ‘Bungkam’, Obat Anti Virus dan Vitamin Kosong di Apotek

Humbahas, Lintangnews.com | Diketahui ketersediaan sejumlah obat anti virus dan vitamin ternyata tidak hanya di daerah-daerah lain sulit untuk didapat, termasuk juga di apotek.

Hal itu juga terjadi di sejumlah apotek di Kota Dolok Sanggul, Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Seperti disampaikan para pegawai Apotek Damai Jalan Siliwangi. Mereka mengaku, obat semisal oseltamivir, gentromicyn dan favipiravir tidak ada. “Lagi kosong oseltamivir, gentromicyn dan favipiravir,” sebut mereka, Selasa (27/7/2021).

Begitu juga vitamin D3 5000, multivitamin yang mengandung zinc dan Becom-zet. “Itu juga tidak ada, lagi kosong,” katanya.

Hal serupa juga terjadi di Apotek Serasi Farma, Jalan Pasaribu, Apotek Martabe, Jalan Sisingangaraja dan Toko obat Debora, Jalan Siliwangi.

Para pegawai Apotek mengaku, stok obat anti virus dan vitamin tersebut kosong. “Gak ada,” kata petugas yang enggan menyebutkan namanya

Sementara itu, Bupati, Dosmar Banjarnahor dikonfirmasi terkait hal itu melalui WhatsApp (WA), hingga berita ini diterbitkan tidak memberikan jawaban.

Begitu juga Sekretaris Daerah (Sekda), Tonny Sihombing. Hingga saat ini belum menjawab pertanyaan wartawan, meskipun pesan singkat sudah dibaca.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Hotman Hutasoi mengaku tidak dapat memberikan penjelasan, dikarenakan belum ada jawaban dari Kepala Dinas Kesehatan, Hasudungan Silalaban sdan Direktur RSUD Dolok Sanggul, Netty Simanjuntak.

“Ini belum bisa saya jawab. Karena belum ada penjelasan dari Kadis Kesehatan dan Direktur RSUD,” ucap Hotman saat dihubungi.

Bupati Dosmar Lewat Akun Facebook Akui Ketersediaan Oksigen Cukup

Sebelumnya, Bupati Dosmar Banjarnahor melakukan pengecekkan ketersediaan oksigen maupun obat-obatan seperti vitamin, remdesivir, ivermectin, favipiravir dan oseltamivir di RSUD Dolok Sanggul.

Dikutip dari unggahaan akun Facebook Dosmar Banjarnahor II mengunggah, memastikan kebutuhan oksigen di RSUD Dolok Sanggul dan persediaannya lebih dari cukup.
Dosmar juga menyebutkan, RSUD juga sudah bisa memproduksi oksigen sendiri dan bisa membantu Kabupaten tetangga dalam mensuplai kebutuhan oksigen.

“Sekalian mengecek ketersediaan obat-obatan penanganan Covid-19 seperti vitamin, remdesivir, ivermectin, favipiravir dan oseltamivir,” tulis Dosmar pada Senin (26/7/2021) kemarin. (DS)