Arus Mudik Mulai Terlihat Merayap di Jalinsum Tobasa

Suasana kendaraan yang melintas di Jalinsum Kota Porsea.

Tobasa, Lintangnews.com I Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) mulai terlihat dipadati kendaraan para pemudik dan wisatawan yang berlibur menikmati suasana tepian Danau Toba, Minggu (24/11/2019), terlebih di pusat Kota Porsea.

Terlihat antrian panjang hingga kurang lebih 1 kilometer, mobil merayap bagaikan ‘ular besi’ di Kota Porsea. Ini membuat Satuan Lalu Lintas Polres Tobasa harus turun tangan mengatur arus lalu lintas (lalin).

Personil Sat Lantas, Bripda Johannes Sembiring mengatakan, ini sudah menjadi tugas Kepolisian untuk mengatur kelancaran arus lalin. “Ini untuk kenyamanan pengguna jalan dan pengendara,” katanya.

Lanjutnya, Kepolisian khususnya Sat Lantas tidak memandang hari dalam mengamankan arus lalin dalam mengemban tugas negara.

Hal ini dibenarkan salah seorang warga, Janner Manurung yang kebetulan berkunjung ke Pantai Lumban Bulbul dan diketahui kemacetan arus lalin juga terjadi mulai dari Kota Balige.

“Kepadatan kendaraan sudah terjadi mulai dari tujuan wisata Lumban Bulbul hingga pusat Kota Balige. Selain banyaknya wisatawan juga terlihat pemudik mulai memasuki Tobasa untuk menghindari kemacetan parah kedepannya,” papar Janner.

Menurutnya, jika melihat dari tahun lalu, bisa dipastikan arus lalin akan semakin parah di awal bulan Desember ini. Terlebih Tobasa sudah menjadi tujuan pariwisata super prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Semoga saja Pemkab Tobasa melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Unit Sat Lantas Polres Tobasa dapat mengantisipasi kepadatan arus lalin, khususnya di Pelabuhan Ajibata dan Balige,” pinta Janner. (asri)