Asahan Raih Predikat Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia 2019

Bupati Asahan, Surya saat menerima piagam dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Asahan, Lintangnews.com | Pemkab Asahan kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Bupati Asahan, Surya menerima langsung penghargaan yang diserahkan Direktur Jenderal (Dirjen) HAM, Mualimin Abdi dalam gelaran peringatan Hari Hak Asasi Manusia se Dunia ke 71 tahun 2019, Selasa (10/12/2019) di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Penghargaan itu juga menandai keberhasilan Pemkab Asahan selama 3 tahun berturut-turut memperoleh penghargaan yang juga diterima di tahun 2017 dan 2018.

Bupati Surya mengaku, bangga atas penghargaan yang telah diraih Pemkab Asahan dengan kategori peduli HAM untuk ketiga kalinya tersebut.

“Alhamdulillah, Kabupaten Asahan telah memenuhi kriteria yang ditetapkan Kemenkumham sebagai Kabupaten Peduli HAM dan sudah menerapkan pelayanan publik berbasis HAM,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, bahwa sesuai Peraturan Menkumham Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia, Asahan telah memenuhi 7 kriteria dalam implementasi HAM. Yakni, hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas pendidikan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

Bupati juga mengatakan, Pemkab Asahan akan terus berkomitmen untuk menjalankan program dan pelayanan yang memprioritaskan pada kebutuhan dan hak masyarakat.

“Diterimanya penghagaan ini menjadi momentum bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat, dengan mengedepankan jaminan atas terpenuhinya HAM,” ungkap Bupati. (Heru)