Atasi Banjir, Warga Porsea Harapkan Perbaikan Drainase Jalinsum

Kondisi drainase yang lebih tinggi dari badan jalan.

Tobasa, Lintangnews.com | Badan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) selalu saja dilanda banjir saat musim penghujan tiba.

Ini penyebabnya akibat drainase lebih tinggi dari badan jalan. Warga pun berharap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tanggap.

Keluhan ini disampaikan salah satu warga Porsea, Jakob Manurung, Sabtu (2/2/2019). Menurutnya, kondisi Jalinsum apat dikatakan tidak layak untuk daerah tujuan wisata yang akan dijadikan wisata kelas dunia.

“Selain badan jalan yang dipenuhi lubang, membuat pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas, khususnya kenderaan roda 2 jika tidak ingin celaka,” sebutnya.

Badan jalan yang dipenuhi lubang.

Menurut Jakob, kondisi ini diperparah saat hujan mengguyur Kota Porsea, dapat dipastikan lubang yang menganga di badan jalan tidak akan kelihatan, karena air hujan menggenangi badan jalan sudah bak sungai.

Penyebab tergenangnya air hujan, sementara saluran drainase sudah lebih tinggi dari badan jalan. Akibatnya, air hujan memenuhi jalan, tidak dapat tersalur ke drainase.

“Bahkan sudah sering luapan air hujan yang berasal dari badan jalan memasuki rumah warga. Saya mewakili warga Porsea, berharap Pemprovsu merokasikan anggaran perbaikan Jalinsum dan drainasenya untuk kenyamanan warga, serta untuk mewujudkan destinasi wisata, ” sebut Jakob. (asri)