Atlet SBC Terima Medali dan Piagam Penghargaan dari Wali Kota Siantar

Sejumlah atlet angkat berat dari SBC usai menerima piagam dan sertifikat. 

Siantar, Lintangnews.com | Atlet angkat berat dari Siantar Barbel Club (SBC) menerima medali dan piagam penghargaan dari Wali Kota, Susanti Dewayani, Jumat (23/9/2022) di Lapangan Adam Malik.

Dalam cabang angkat berat pada Gebyar Olahraga Piala Wali Kota Siantar beberapa waktu lalu, SBC meraih juara umum dengan raihan 5 medali emas, 4 perak dan 5 perunggu. SBC menyingkirkan club gym lainnya yang turut mengirimkan atlet pada Gebyar Olahraga tersebut.

Penyerahan medali dilakukan bertepatan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke XXXIX tahun 2022 yang dimeriahkan dengan senam bersama dan lucky draw.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wali Kota, Susanti Dewayani menerangkan bangkitnya ekonomi dan produktivitas masyarakat melalui olahraga, setelah melewati keterbatasan aktifitas fisik selama masa 2 tahun pandemi Covid-19 menjadi momentum peringatan Haornas yang dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional.

Dilanjutkan, kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan stakeholder olahraga untuk bersama-sama dalam mencetak juara di bidang olahraga dalam prosesnya sangatlah panjang.

“Ini diawali melalui pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini, kompetisi secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan sport science,” sebut Menpora.

Lahirnya Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Design Besar Olahraga Nasional (DBON), diharapkan mampu memberikan konstribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas.

Selanjutnya untuk optimalisasi permasalahan dan pembudayaan olahraga, sesuai amanat UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional sebagaimana telah diubah menjadi UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Menpora mengajak untuk bersama-sama melaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat. Sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup, yang tentunya dalam pelaksanaannya saat ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes).

Kepada para pahlawan dan peraih penghargaan olahraga, Menpora mengharapkan semoga tetap sukses dengan perjuangannya di dalam peningkatan prestasi dan minat masyarakat untuk berolahraga.

Selanjutnya Wali menyerahkan piagam dan sertifikat kepada para pemenang bela diri. Acara dimeriahkan dengan senam bersama, lucky draw dan penampilan bela diri. (Rel)