Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda, Ini Tindakan dari Polsek Prapat Janji

Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi tentang kenakalan remaja dan bahaya narkoba di kalangan remaja yang dilaksanakan pihak Polsek Prapat Janji.

Asahan, Lintangnews.com | Seiring dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta perkembangan jaman, generasi muda khususnya remaja dihadapkan pada permasalahan dan tantangan yang berat.

Pemuda adalah generasi penerus bangsa, calon pemimpin masa depan dan kontributor bagi kemajuan negara. Akhir-akhir ini kehidupan pemuda dipengaruhi berbagai faktor.

Narkoba menjadi salah satu penyebabnya. Untuk itu pemerintah saat ini telah mencanangkan ‘Indonesia Darurat Narkoba’.

Sebagai aparat penegak hukum, tentunya hal tersebut menjadi keprihatinan. Guna mencegah semakin meluasnya peredaran narkoba khususnya di wilayah hukum Polsek Prapat Janji, Kapolsek, AKP Nasib Manurung melalui Kanit Intelkam Iptu SRT Siburian melakukan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi tentang kenakalan remaja dan bahaya narkoba di kalangan remaja bertempat di Desa Terusan Tengah, Kecamatan Tinggi Raja, Kabupten Asahan, Selasa ( 11/12/2018).

Ipda SRT Siburian mengatakan, kegiatan seperti ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kesadaran tentang kenakalan remaja yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, khususnya para generasi muda.

Menurutnya, kenakalan remaja menjadi hal yang perlu diwaspadai dan lebih diperhatikan, karena seiring berkembangnya seorang anak, sudah sewajarnya seorang remaja melakukan sebuah kenakalan. Namun, selama kenakalan itu masih pada tingkat yang wajar.

“Oleh karena itu, peran orang tua dalam mendidik seorang anak apalagi remaja diperlukan penanaman nilai dan norma sejak dini. Ini agar dapat mempengaruhi sikap dan perbuatan mental seorang anak, untuk dapat memilah dan memilih mana hal yang perlu ditiru dan mana yang tidak,” kata Siburian.

Apalagi menurutnya, zaman sekarang narkoba sudah merajalela masuk ke desa- desa. “Maka dari itu marilah kita sama-sama memerangi narkoba. Ini agar anak-anak kita terhindar dari narkoba,” kata Siburian

Sementara itu, Plt Camat Tinggi Raja, Muliadong mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan pihak Polsek setempat. Dia juga menuturkan, saat ini banyak anak-anak yang terlibat ke dalam masalah narkoba.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, kita sebagai orang tua bisa lebih lagi mengawasi anak-anak agar tidak terjerumus ke narkoba,” ucap Muliadong.

Kepala Desa (Kades) Terusan Tengah, Nauli Manurung juga mengaku, senang atas kegiatan dimaksud, karena ini bisa membantu pihaknya untuk mendapatkan informasi tentang bahaya narkoba.

“Tujuannya agar masyarakat atau para pemuda terhindar dari narkoba. Karena memang saat ini narkoba merupakan salah satu faktor perusak generasi muda,” ucap Nauli. (handoko)