Banggar Desak Bupati Simalungun Tak Menunda Pilpanag Serentak 2022  

Rapat Banggar DPRD Simalungun.

Simalungun, Lintangnews.com | Tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD Simalungun mendesak Bupati, Radiapoh Hasiholan Sinaga untuk tidak berupaya menunda pelaksanaan Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) serentak pada tahun 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Simalungun, Histoni Sijabat seusai Tim Banggar bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) melaksanakan rapat pimpinan di ruang rapim DPRD Simalungun di Pematang Raya, Kamis (25/11/2021).

“Intinya, saemua kami mendesak supaya anggaran Pilpanag ditampung. TAPD, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Keuangan, Frans Saragih seijin Asisten II meminta waktu untuk mereka lakukan rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Besok diberikan gambaran kepada tim Banggar,” imbuh Histoni.

Namun Histoni menolak membeberkan besaran anggaran mengingat persolan itu dinilai urgent (mendesak). “Soal besaran tidak usah lah. Sebab itu urgent. Yang pasti tim Banggar pada rapat besok sudah memberi gambaran. Dan Pilpanag itu harus jadi,” tegasnya.

Diketahui, Komisi I juga merekomendasikan pengurangan anggaran Tim Penggerak PKK pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (PMPN).

“Dalam penyelenggaraan gerakan pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan keluarga, anggarannya ditampung Dinas PMPN sebesar Rp 1,8miliar lebih. Dikurangi anggarannya menjadi Rp 500 juta,” tukas politisi Partai Demokrat itu.

Ada pun rapat Banggar dan TAPD itu dipimpin Wakil Ketua DPRD, Samrin Girsang didampingi Wakil Ketua, Sastra Joyo Sirait. Bertindak sebagai Loordinator eksekutif pada rapat Banggar, Asisten II, Ramadani Purba. (Zai)