Barnas Siantar Sosialisasikan Cara Mencoblos yang Benar

Pengurus PC Barnas Siantar saat turun ke masyarakat mensosialisasikan tata cara pencoblosan yang benar.

Siantar, Lintangnews.com | Dalam rangka pemenangan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf), Pengurus Cabang Barisan Nasionalis (PC Barnas) Kota Siantar turun ke masyarakat sosialisasikan tata cara pencoblosan yang benar, agar surat suara rakyat menjadi sah.

Selain itu, Barnas Siantar juga berdiskusi dengan masyarakat tentang tema dan kerja yang diusung oleh pasangan calon (paslon) Jokowi-Ma’ruf jika dipercayakan mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.

“Kita (Barisan Nasionalis) fokus mensosialisasikan dan mendiskusikan tugas-tugas kebangsaan dalam memajukan dan membangun Indonesia kedepannya, melalui tema kerja Jokowi-Ma’ruf  ‘Optimis Indonesia Maju’,” sebut Ketua Barnas Siantar, Raymond Sinaga didampingi Sekretaris, Nopery Ambarita, Sabtu (13/4/2019).

Pihaknya meyakini bahwa sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui lebih mendalam tentang apa yang akan dikerjakan Jokowi selam 5 tahun masa jabatannya.

Raymon berharap, dengan penjabaran tersebut masyarakat semakin yakin untuk memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Menurutnya, untuk mewujudkan tema kerja itu, maka ‘Optimis Indonesia Maju’ dirumuskan dalam 4 program yaitu Optimis Sejahtera, Optimis Setara, Optimis Terjangkau dan Optimis kerja, yang kemudian diaplikasikan dalam bentuk kegiatan kerja.

“Beberapa program sebenarnya ada yang sedang dan telah berjalan selama masa pemerintahan Jokowi. Sehingga untuk memastikan pembangunan Indonesia 5 tahun kedepan, kita ingin rakyat memahami apa yang telah dan agenda akan dilakukan oleh paslon Jokowi-Ma’ruf,” jelasnya.

Sambungnya, melalui Optimis Sejahtera, pasangan Jokowi-Ma’ruf ingin memastikan bahwa seluruh rakyat Indonesia berhak untuk memperoleh akses terhadap pendidikan, kesehatan dan kehidupan yang layak. Melalui program optimis sejahtera, Jokowi-Ma’ruf akan membagikan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sejahtera (KIS), Kartu Sembako, Kartu Indonesia Pintar Kuliah, mengembangkan Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dan Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) jika terpilih kembali.

“Sedangkan dalam program Optimis Setara paslon Jokowi-Ma’ruf ingin memastikan seluruh rakyat Indonesia memiliki kesetaraan yang diimplementasikan melalui program perempuan berdaya, sertifikasi tanah, perhutanan sosial dan dana desa,” ucap Nopery.

Diterangkannya, dalam Optimis Terjangkau, Jokowi-Ma’ruf ingin memastikan masyarakat terkoneksi dengan seluruh akses baik permodalan, sumber daya dan peralatan pertanian yang canggih.

Untuk mencapainya, lanjut Nopery, pasangan nomor urut 01 itu mengimplementasikannya melalui program kegiatan petani canggih, yang bertujuan untuk memaksimalkan teknologi untuk produktifitas pertanian dan terkoneksinya petani dan pasar, bank mikro nelayan, pangan laut berkelanjutan yang bertujuan untuk pemanfaatan teknologi produktifitas nelayan dan melestarikan laut, energi hijau dan internet cepat untuk semua melalui palapa ring.

Yang terakhir program Optimis Kerja, melalui itu, Jokowi ingin menjamin bahwa seluruh lapisan masyarakat berhak untuk bertahan hidup dan mengembangkan diri mendapatkan kehidupan yang layak.

Untuk mencapainya, Jokowi-Ma’ruf akan mengembangkan program pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) pesantren dan komunitas, Kartu Pra Kerja yang bertujuan untuk melakukan pelatihan vokasi, skilling, reskilling dan upskill.

“Diketahui, dana abadi yang terbagi dalam 2 yakni untuk pendidikan dan penelitian, digital talent scholarship, creative space yakni dengan pelatihan kelas terampil dan dana sponsorship untuk kegiatan anak muda dan komunitas, bisnis lancar melalui KUR bunga murah dan OSS (Online Single Submision) atau perijinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik, dan bank wakaf mikro,” papar Nopery.

Dari tema kerja dan program kegiatan yang disusun dan dirumuskan Jokowi-Ma’ruf untuk 5 tahun mendatang, Barnas Siantar meyakini bahwa rakyat akan kembali percayakan Jokowi mengemban tanggung jawab sebagai Presiden RI. (elisbet)