Pemkab Simalungun Gelar Pelayanan Bagi Masyarakat Jawa Maraja Bah Jambi

Warga antri di kegiatan pasar murah yang dilaksanakan Pemkab Simalungun.

Simalungun, Lintangnews.com | Komitmen Pemkab Simalungun dalam upaya mendekatkan peran pemerintah untuk melayani masyarakat dilakukan dengan rutin menggelar berbagai pelayanan ke setiap Nagori-Nagori.

Kali ini, Pemkab Simalungun menggelar pelayanan catatan sipil, kesehatan, KB dan pasar murah di 2 Nagori yang dipusatkan di Kantor Pangulu Nagori Bahalat Bayu dan Nagori Moho, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Sabtu (13/4/2019).

Ratusan warga yang hadir, antri sejak pagi di setiap posko pelayanan untuk mendapatkan pelayanan. Pada pelayanan catatan sipil, sejumlah warga mengantri untuk berkonsultasi berbagai keperluan seperti permohonan perubahan data Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan akte lahir.

Hal serupa terlihat juga di pelayanan kesehatan, warga yang datang dengan berbagai keluhan dan permintaan untuk cek kesehatan seperti gula darah,  kolesterol dan penyakit lainnya. Guna memberikan pelayanan yang lebih maksimal di kedua Nagori itu, Pemkab Simalungun juga mengerahkan dokter spesialis penyakit dalam untuk membantu pelayanan.

Pelayanan pasar murah juga menjadi salah satu pusat antrian warga. Sekitar 1.000 paket sembako berisi 1 kg gula dan 1 liter minyak goreng habis terjual di kedua Nagori dengan harga Rp 12.000. Paket ini dapat dibeli warga dengan melampirkan fotokopi KTP sebagai syaratnya.

Salah seorang IRT saat diberikan pelayanan KB dari Pemkab Simalungun.

Bupati JR Saragih menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan berbagai pelayanan yang digelar oleh Pemkab Simalungun ini. Menurutnya, ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan catatan sipil, kesehatan dan KB langsung di Nagori tanpa harus datang ke kantor dinas di Pamatang Raya.

Upaya jemput bola yang dilakukan Pemkab Simalungun ini merupakan inisiatif dari JR Saragih untuk tetap semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tugas pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu saya menghimbau segenap jajaran Pemkab Simalungun tetap memiliki ‘Semangat Baru’ melayani masyarakat,” ujar Bupati.

Siti Rosnani, seorang warga Nagori Moho mengapresiasi kegiatan pelayanan keliling yang dilakukan Pemkab Simalungun. Menurutnya, pelayanan jemput bola seperti ini membantu bagi warga, sehingga bisa lebih dekat untuk melakukan pengurusan dan bantuan kesehatan.

“Kita terbantu sekali dengan adanya pelayanan yang datang ke Nagori, kami bisa dekat untuk mengurus KK dan akte lahir anak. Terima kasih pada Bupati Simalungun yang telah mendekatkan pelayanan pada masyarakatnya,” kata Siti. (rel/zai)