Bawaslu Tobasa Berikan Pemahaman Pemilu pada Pemilih Pemula

Ketua Bawaslu Tobasa, Juniat Sitorus (baju putih).

Tobasa, Lintangnews.com | Guna menghindari kesalahan dalam pemahaman saat pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019 penting sosialisasi tentang Pemilu kepada pemilih pemula seperti pelajar yang sudah berumur genap 17 tahun saat pelaksanaan pesta demokrasi nanti.

Demikian disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tobasa, Juniat Sitorus saat pelaksanaan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif tahun 2019, di gedung pertemuan SMK Negeri 1, Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Rabu (6/3/2019).

Juniat menuturan, pemilih pemula perlu diberikan pemahaman tentang makna dan tujuan dilaksanakannya Pemilu di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk menetapkan pemimpin daerah, pemimpin negara dan wakil rakyat.

“Seperti kita ketahui, pemulih pemula merupakan generasi penerus bangsa ini, dengan diberikannya sosialisasi pemahaman Pemilu yang berkeadilan dan jujur,” sebutnya.

Menurutnya, sosialisasi Pemilu yang benar kepada pemilih pemula, ibarat doktrin untuk memori atau ingatan pada pemilih pemula. Sehingga kedepannya generasi penerus akan menerapkan Pemilu yang baik dan benar untuk Indonesia.(asri)