Bawaslu Tobasa Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Ketua Bawaslu Tobasa, Juniat Sitorus memberikan pengarahan.

Tobasa, Lintangnews.com | Mengingat betapa pentingnya pengawasan Pemilu untuk mengantisipati pelanggaran yang terjadi di lapangan, Bawaslu Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) gelar sosialisasi, Sabtu (6/10/2018)

Sosialisasi dimaksud mengenai pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) Anggota DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2019.

“Sesuai Perbawaslu Nomor 28 Tahun 2018 tentang Pengawasan Kampanye, sangat perlu diketahui setiap masyarakat apa saja indikasi pelanggaran dan temuan yang terjadi saat kampanye dalam Pemilihan DPR, DPD dan DPRD, serta Pilpres. Bersama rakyat awasi Pemilu. Bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,” sebut Ketua Bawaslu Tobasa, Juniat Sitorus.

Menurutnya, anak didik atau disebut pemilih pemula sangat penting mengetahui apa itu Pemilu yang bersih aman, berkampanye tanpa hoax dan money politik (politik uang). Sehingga dapat menyampaikan kepada teman untuk menjadikan Pemilu dan kampanye yang bersih tanpa hoax dan money politik sejak dini.

“Demikian juga perlunya peran media informasi seperti, wartawan (jurnalis) dalam pembuatan pemberitaan yang berimbang untuk memberikan pengertian kepada pembaca bagaimana kampanye yang baik, adil dan jujur untuk mencapai Pemilu yang aman dan tertib,” jelas Juniat.

Dalam sosialisasi itu, peserta yang hadir yakni, Bawaslu Tobasa, KPUD Tobasa, Kejaksaan Negeri (Kejari), partai politik, anak didik (pemilih pemula), jurnalis sebagai penyebarluasan informasi. (asri)