Bawaslu Tobasa Harapkan Masyarakat Tegakkan Keadilan Pemilu

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di SMK Negeri 1 Laguboti.

Tobasa, Lintangnews.com | Sosialisasi pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) partisipatif tahun 2019 di aula SMK Negeri 1 Laguboti, Rabu (6/3//2019) mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) untuk mengawasi bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tobasa, Juniat Sitorus berharap, supaya seluruh masyarakat, berperan serta tegakkan keadilan dalam Pemilu yang aman dan bersih demi keadilan.

“Apabila ada indikasi money politik (politik uang) di lapangan, segera melaporkan kepada Panwaslu Kecamatan dan dapat langsung ke Bawaslu Tobasa, kita siap menindak,” sebut Juniat.

Dia menuturkan, masyarakat dibutuhkan dalam antisipasi money politik sejak dini. Sebab tanpa kebersamaan masyarakat dan Bawaslu dalam mengawasi Pemilu, akan sulit menemukan akar persoalan sekaligus menghalangi money politik.

Kepada setiap elemen masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi kepemudaaan, pemilih pemula (anak sekolah yang sudah genap 17 tahun), pemerintah, dan Aparat Penegak Hukum (APH) jika terindikasi penyalahgunaan di dalam kampaye semisal money politik agar segera dilaporkan.

“Seperti kata pepatah, ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’, demikian juga dalam penegakan Pemilu yang berkeadilan, pencegahan money politik lebih utama,” sebut Juniat. (asri)