Beli Sabu Seharga Rp 500 Ribu, Zulfan Diancam 4 Tahun Penjara

Ilustrasi.

Siantar, Lintangnews.com | Membeli sabu sebesar Rp 500 ribu, terdakwa Zulfan Azmi alias Ivan (43) dituntut 4 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Selasa (7/5/2019).

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Zulfan Azmi alias Ivan berupa pidana penjara selama 4 tahun dikurangi masa penahanan yang telah dijalani dengan perintah tetap ditahan,” ujar JPU, Siti Martiti Manulang.

Selain itu, jaksa menyatakan terdakwa bersalah melakukan tindak pidana a penyalahguna narkotika golongan I untuk diri sendiri, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 127 ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Mendengar hak tersebut, terdakwa dengan didampingi kuasa hukumnya Erwin Purba meminta waktu selama 7 hariepada majelis hakim untuk membuat nota pembelaan atas tuntutan yang diberikan JPU tersebut.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Kamis (22/11/2018), terdakwa pergi menemui seseorang yang diketahui ada menjual sabu bernama Ngel (belum ditangkap) di Jalan Pistol, Kelurahan Bantan, Kecamatan Siantar Barat.

Setelah bertemu, terdakwa lalu mengatakan ‘Ngel beli buah (istilah untuk narkotika jenis sabu) satu paket’, sambil menyerahkan uamg sebanyak Rp 500 ribu.

Selanjutnya Ngel menyerahkan 1 pakets abu kepada terdakwa. Kemudian, terdakwa langsung meninggalkan Ngel dan menyimpan 1 paket sabu itu di dalam kantong celana.

Akan tetapi dalam perjalanan pulang, tiba-tiba terdakwa dihentikan petugas Kepolisian yang berpakaian preman. Petugas langsung menanyai identitas terdakwa dan memerintahkan mengeluarkan isi kantong celananya.

Kemudian dari kantong celana sebelah kanan ditemukan 1 paket diduga berisi sabu, 1 buah pipa kaca bekas bakar dan 1 buah kompeng karet. (res)