Belum Diketahui Penyebab Ratusan Kios Pasar Inpres Kota Pinang Ludes Terbakar 

Kobaran api di lokasi Pasar Inpres Kota Pinang.

Labusel, Lintangnews.com | Pasar Inpres di Jalan Yamin Kelurahan Kota Pinang, Kecamatan Kota Pinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), terbakar  Senin (7/6/2021) malam.

Diperkirakan seratusan kios dan lods yang berada persis di pusat perkotaaan Kota Pinang itu hangus dilahap si jago merah.

Informasi dihimpun wartawan di lokasi kejadian, kebakaran terjadi sekira pukul 19:15 WIB. Api terlihat pertama kali dari bagian tengah komplek pasar tradisional itu.

“Nggak tau apa penyebabnya. Saya diberi tau kawan, katanya pasar terbakar. Saat tiba di sini api sudah membesar,” kata Nurhamidah, salah seorang pedagang.

Pengamatan wartawan, para pedagang dan pemilik kios berjibaku dibantu warga berusaha menyelamatkan barang dagangan.

Mereka meletakkan barang tersebut di areal kompleks Masjid Besar Al Mustafa Kota Pinang dan jalan di sekitar pasar terbesar di Kabupaten Labusel itu.

Beberapa pedagang tampak histeris menyaksikan api menghanguskan satu per satu bangunan dan bahkan pingsan.

Sementara sejumlah unit kendaraan pemadam kebakaran milik Dinas Satpol PP-Linmas Pemkab Labusel dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api. Namun akses yang sulit ditambah material bangunan yang sebagian besar berbahan kayu, membuat api sulit dijinakkan.

Hingga berita ini dilansir sekira pukul 20:48 WIB, kobaran masih membara. Sementara sebagian warga yang bermukim tidak jauh dari kawasan pasar turut menyelamatkan barang.

“Ini sedang dilakukan pemadaman. Akses kendaraan pemadam sulit masuk ke lokasi karena terlalu sempit,” kata Kepala Dinas Satpol PP-Linmas Pemkab Labusel, Gusran ditemui di lokasi kejadian. (Sofyan)