Berdalih Rapat, Kadis Perkim Humbahas Enggan Jelaskan Proses Pengusulan Anggaran Rumdis Baru

Humbahas, Lintangnews.com | Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahaan dan Permukiman (Perkim) Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas), Anggiat Manullang, enggan memberikan penjelasan terkait proses pengusulan anggaran pembangunan rumah dinas (rumdis) 2 orang pimpinan DPRD setempat yang ternyata telah ditolak kedua pimpinan dewan tersebut.

Mereka adalah, Wakil Ketua I Marolop Manik dari Partai Golkar dan Wakil Ketua II, Labuan Sihombing (Partai Hanura).

“Hari Senin (30/8/2021) ya. Tidak ada waktu saya sekarang,” kata Anggiat singkat, Jumat (27/8/2021) lalu.

Selain enggan memberikan penjelasan, Anggiat ketika kembali dikonfirmasi mengaku lagi rapat.

“Saya lagi rapat kunjungan Menteri Koordinator Maritim dan Investari (Menko Marves),” ujarnya via WhatsApp, Selasa (31/8/2021), sembari menyuruh untuk menjumpai Kepala Bidang bernama Benton.

Sebelumnya, 2 orang pimpinan DPRD Humbahas telah memilih menolak pembangunan rumdis yang sudah ditampung di APBD tahun anggaran (TA) 2021.

Alasan mereka untuk efisiensi anggaran lantaran kondisi keuangan negara dan masyarakat yang lagi sulit akibat pandemi Covid-19.

“Mengingat keuangan negara dan kondisi ekonomi masyarakat saat ini sangat sulit, kita tidak mungkin bermewah-mewah dengan membangun rumdis. Menurut hemat kami, itu tidak manusiawi. Pembangunan rumdis itu belum mendesak sekali saat ini. Jadi, kita berdua telah sepakat untuk menolak pembangunan rumdis itu,” ucap Marolop.

Hal senada juga disampaikan Labuan Sihombing. Menurutnya, ini masalah hati nurani.

“Kita melihat situasi saat ini dampak Covid-19 sangat besar. Ekonomi masyarakat sangat sulit sekali dan perlu dibantu. Tak mungkin lagi kita membangun rumdis baru di tengah pandemi Covid-19. Lebih baik anggarannya dialihkan ke kegiatan dan program pembangunan yang dibutuhkan masyarakat,” pungkasnya. (DS)