Berharganya Kesehatan Bagi Masyarakat Asahan, Roswin Memiliki Caranya

Calon Bupati Asahan, Rosmansyah bersama warga di salah satu lokasi di Kota Kisaran.

Asahan, Lintangnews.com | Kesehatan merupakan suatu faktor yang berharga di dalam hidup, sehingga dengan tubuh yang sehat, maka setiap orang akan ringan melakukan berbagai pekerjaan dan kesibukan tanpa kendala.

Mewujudkan hal itu pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Asahan, Rosmansyah-Winda Fitrika (Roswin) akan meningkatkan pelayanan kesehatan dan percepatan penanganan kesehatan bagi semua kalangan masyarakat hingga tingkat Desa.

Ada pun beberapa cara yang akan dilakukan Roswin, seperti meningkatkan pelayanan kesehatan rujukan bagi warga miskin. Lalu pemerintah hadir pada masyarakat dengan melakukan jaminan kesehatan kepada warga miskin dalam bentuk dana awal bagi yang berobat ke Rumah Sakit (RS).

“Mempercepat penanganannya, salah satu yang harus dilakukan adanya mobil ambulance di setiap Desa dan Kelurahan berfungsi untuk membantu sekaligus memfasilitasi masyarakat, sehingga dapat menekan angka kematian. Ini pertolongan pertama menambah dan meningkatkan penyediaan layanan kesehatan RS non kelas bagi masyarakat,” ujar Rosmansyah, Senin (12/10/2020).

Calon Bupati berusia muda ini mengatakan, adanya rumah tunggu kelahiran agar dapat memberikan pelayanan dan kenyaman bagi ibu hamil. Ini juga berpartisipasi dalam pengendalian pencegahan stunting bagi masayarakat.

Sementara itu terkait kelahiran bayi, maka Akta Kelahiran anak dapat langsung diberikan setelah ibu melahirkan secara otomatis, dengan konsep intregrasi pada E-Praktis pemerintah daerah.

Rosmansyah menilai, perlunya meningkatkan pelayanan kesehatan dasar bagi warga miskin di Pskesmas, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal.

Kemudian mewujudkan pelayanan RS spesialis dan sub spesialis bertaraf world class (kelas dunia) untuk memberikan cakupan secara luas dan menyeluruh kepada masayarakat dalam konsep Universal Helath Coverage.

“Ini artinya akses pelayanan kesehatan dapat kapan saja dan dimana saja saat dibutuhkan ” kata Rosmansyah.

Dia juga mengatakan, peningkatan akses pelayanan kesehatan dari aspek promotif, prefentif, kuratif dan rehabilitatif, serta paliatif bagi Puskesmas Rawat Inap 24 Jam. Termasuk menambah jumlah dokter di setiap Puskesmas dimaksud.

Tidak lupa pasangan nomor urut 3 itu kembali mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Mari bantu kami mewujudkan hal itu dengan memilih pasangan Roswin pada 9 Desember 2020 ini,” pungkas Rosmansyah. (Heru)