Berikan Pelayanan Kesehatan, Lapas Tebingtinggi Gandeng Puskesmas Rambung

Lapas Tebingtinggi melakukan MoU dengan Puskesmas Rambung dalam pelayanan kesehatan bagi WBP.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) khususnya di bidang perawatan, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tebingtinggi melakukan koordinasi dengan Puskesmas Rambung untuk bekerja sama dalam penguatan jejaring rujukan layanan TBC/ HIV, Selasa (13/4/2021).

Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Tebingtinggi, Herliadi didampingi Kepala Pengamanan Lembaga Permasyarakatan (KPLP), Franda Saragih mengatakan, upaya itu dinilai diperlukan,karena selama ini ada sedikit permasalahan yang bisa muncul dalam pelayanan.

“Apabila ada pasien yang positif HIV belum terbuka, sementara status warga binaan masih tahanan, serta jaminan kesehatan untuk BPJS Kesehatan tidak ada dan hanya mengandalkan pelayanan di dalam Lapas yang prosedurnya butuh waktu .Hal ini juga terjadi bagi penyakit paru, sehingga menyebabkan pelayanan kurang optimal,” sebut Herliadi.

Dia menuturkan, pihaknya menginginkan pelayanan bagi WBP yang sakit semakin mudah dan lancar, sehinggga menginginkan adanya kerja sama dengan pihak eksternal.

Sementara itu, menurut Dida Susiati selaku dokter dari Puskesmas Rambung, bangga atas kerja sama pelayanan kesehatan yang begitu diperlukan. Menurutnya, hal ini patut diapresiasi bersama.

Turut hadir dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) itu, Leo Panjaitan, Sonya Sianipar, Ziko Manalu dan Jhon Taralam Saragih. (Purba)