Tim Transformasi IAKN Tarutung Diduga Alergi Terhadap Wartawan

Lokasi kampus IAKN Tarutung.

Taput, Lintangnews.com | Diketahui sudah hampir satu minggu kunjungan lintangnews.com ke kantor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) untuk konfirmasi dengan Tim Transformasi IAKN seperti anjuran dari Rektor, Lince Sihombing.

Namun hingga Selasa (13/4/2021) belum ada memberikan jawaban terkait beberapa hal yang sebelumnya dikonfirmasi dan dikirimkan melalui WhatsApp (WA) Taripar Samosir selaku Sekretaris Tim Transformasi perubahan bentuk IAKN menjadi Universitas Kristen Negeri (UKN).

Saat wartawan kembali menghubungi Taripar, justru yang bersangkutan tidak memberikan jawapan. Diduga Tim Transformasi bungkam alergi akibat pemberitaan yang dimuat beberapa kali mengenai status IAKN Tarutung.

Atau aksi bungkam ini seperti pemikiran mereka jika wartawan sengaja menggoreng pemberitaan terkait surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) seperti jawaban yang dilontarkan Natal Lumban Tobing pada status berita yang dibagikan di salah satu grup Facebook.

“Sebenarnya media itu sebagai penyeimbang untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui pemberitaan. Ini agar masyarakat itu bisa tau perkembangan yang sudah terjadi, khususnya di Taput sudah sejauh mana persoalan perubahan bentuk IAKN ke UKN atau Universitas Tapanuli Raya (Untara). Kalau boleh berikan pendapat atau keterangan pada media ketika dikonfirmasi,” ujar salah seorang warga, C Simanjuntak.

Menurutnya, selaku pejabat publik atau instansi pemerintahan seharusnya memberikan informasi atau jawaban pada wartawan jika dikonfirmasi.

“Apalagi saat ini di Taput sudah banyak kubu pro dan kontra mengenai perubahan bentuk IAKN. Apa sih salahnya memberikan jawaban singkat tegas, lugas dan dapat dipercaya wartawan untuk dibuat menjadi berita. Dan jangan pernah bungkam atau alergi pada wartawan,” papar Simanjuntak. (Pembela)