Berkarat, Tulangan Plat Beton Pintu Air DI Kerasaan Diduga Besi Bekas

Tulang plat beton pintu air milik PPK Irigasi dan Rawa II di Nagori Sahkuda Bayu.

Simalungun, Lintangnews.com | Muncul korosi atau karat pada permukaan tulangan plat beton pintu air DI Kerasaan milik PPK Irigasi dan Rawa II Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II di Kabupaten Simalungun, diduga besi bekas.

Melihat besinya mulai berkarat, berpotensi menjadi rapuh dan kekuatannya tidak lagi sama atau berkurang seiiring berjalannya waktu.

BWS Sumatera II diharapkan untuk meninjau ulang realisasi rehabilitasi jaringan irigasi DI Kerasaan.

Sebelumnya, Pengawas utama proyek bersumberdari APBN (ADB dan Afloan) tahun anggatan (TA) 2020-2021, W Haloho membantah pada proyek itu tidak ada kerjaan sisipan.

“Tidak ada kegiatan sisipan. Itu pembuatan baru. Ada leningan masih tanah sebelumnya. Itu dipasangi batu koral dari Deli Serdang,” ucapnya, kemarin, di kantornya, Tepatnya di Km 3,5 Jalan Asahan Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun dan saat ini berkedudukan di Simpang Gombus, Kabupaten Batubara.

Namun apa yang disampaikan oknum pengawas utama proyek Unit Price itu tidak berbanding lurus dengan faktanya di lapangan.

Sejumlah pekerja saat ditemui di lokasi proyek di Nagori Sahkuda Bayu, Kecamatan Gunung Malela membeberkan bahwasanya kegiatan itu di wilayah Sukarayat.

“Kalau yang di Sukarayat itu hanya memplaster dinding saluran. Sebelumnya itu tidak diplaster. Dinding saluran itu baru, untuk saluran gendong,” imbuhnya.

Diketahui dinding saluran Irigasi DI Kerasaan di Nagori Sahkuda Bayu adalah kegiatan sisipan dan selanjutnya diplaster. (Zai)