Bina Keluarga Lansia Diharapkan Berperan Bentuk Karakter Generasi Masa Depan

Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Temazaro Zega didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk (PP) dan KB, Rumondang Sinaga saat memberikan sambutan.

Siantar, Lintangnews.com | Bina Keluarga Lansia (BKL) Kampung Keluarga Berencana (KB) diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan lanjut usia (lansia) melalui kepedulian dan peran keluarga.

Ini dalam mewujudkan lansia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (TYME), mandiri produktif dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk (PP) dan KB Pemko Siantar, Rumondang Sinaga dalam acara workshop program ketahanan keluarga lansia dan rentan tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara, bertempat di Kampung KB Kelurahan Bah Sorma, Kecamatan Siantar Sitalasari, Selasa (28/5/2019).

Rumondang berharap, BKL selain media publikasi tentang identitas kelembagaan, juga sebagai media motivator bagi seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama mensukseskan salah satu program pemerintah, khususnya Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang banyak memberikan manfaat positif bagi seluruh komponen yang ada dalam BKL.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Temazaro Zega menjelaskan, pemerintah saat ini memberikan perhatian serius kepada lansia. Karena dalam struktur kependudukan, jumlah lansia semakin banyak di Indonesia.

“Banyak yang bilang lansia menjadi beban bagi keluarga. Padahal lansia memiliki potensi yang punya andil membangun masyarakat,” terangnya.

Oleh karena itu, sambungnya, pemerintah melalui BKKBN menjalankan berbagai program untuk lansia. “Sehingga Dinas PP dan KB Pemko Siantar menjalankan 3 program besar yaitu, kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga,” paparnya.

Sambung Temazaro, BKL dapat berperan membentuk karakter anak atau generasi masa depan. Lansia juga dapat dibekali ilmu agar dapat diterapkan pada cucu-cucunya.

“Sehingga para lansia dapat memberikan andil bagi generasi berikutnya menjadi anak yang berkualitas dan berkarakter,” tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut, Lurah Bah Sorma, Suradi dan puluhan lansia, serta kader BKL. (elisbet)