BKIPM Medan Gelar Workshop Implementasi Sistem Jaminan Mutu dan Operasional Perkarantinaan Ikan

Kegiatan workshop yang dilaksanakan BKIPM Kelas I Medan

Deli Serdang, Lintangnews.com | Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Kelas I Medan mengelar workshop implementasi (isu terkini) sistem jaminan mutu dan operasional perkarantinaan ikan dalam pemenuhan persyaratan ekspor hasil perikanan hulu dan hilir, Jumat (11/12/2020).

Workshop yang dilaksanakan di Prime Plaza Hotel, Jalan Sultan Serdang Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang itu dihadiri Kepala Pusat Pengendalian Mutu BKIPM, Widodo Sumiyanto (narasumber),Haristanto (narasumber), Kepala Bea Cukai Bandara Kualanamu, Elfi Haris (narasumber), Kepala BKIPM Kelas I Medan, Muhammad Burlian, Kepala Stasiun Karantina Belawan, Edi Susanto, Kepala Stasiun Karantina Tanjung Balai Asahan, Sondang Sitorus, Karantina Pertanian, pelaku usaha dan pengguna jasa.

Burlian selaku moderator berharap, kepada seluruh pegawai, stake holder, pelaku usaha maupun pengguna jasa dapat memanfaatkan workshop itu, agar isu terkini tentang jaminan mutu dan operasional perkarantinaan ikan dapat dipahami sepenuhnya.

Sementara itu, Widodo Sumiyanto menyambut baik workshop yang digelar BKIPM Kelas I Medan. Menurutnya, ini langkah baik agar para pelaku usaha dan pengguna jasa dapat mengimplentasikan isu terkini tentang jaminan mutu dan operasional perkarantinaan ikan hulu dan hilir.

“Kita juga menyambut baik akan adanya sinergitas antara Bea Cukai dan BKIPM dalam hal ekspor. Jika ini dilakukan akan mengefisienkan waktu maupun biaya,” sebutnya.

Widodo juga berharap, terkait masih adanya wabah Covid-19, kepada pelaku usaha dapat memperhatikan usaha atau barang ekspornya agar terbebas dari virus tersebut. “Ini agar tak ada penolakan masuk ke negara tujuan,” papar nya.

Senada dengan itu, Elfi Harris menuturkan, Bea Cukai Bandara Kualanamu akan terus bersinergi dengan BKIPM, agar efisiensi biaya dan waktu bisa tercapai demi kemudahan buat para pelaku usaha maupun pengguna jasa. (Idris)