BKM Jami Kubahsentang Canangkan Gerakan Infak Buku

Ketua BKM Jami, Amirul Khair mencanangkan menyerahkan sejumlah buku kepada Sekretaris, M Syamsul didampingi Bendahara, Andi Syahputra disaksikan Kades Kubahsentang, Ihwan Hidayat.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Jami, Dusun II Desa Kubahsentang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang mencanangkan program ‘Gerakan Infak Buku’ menyahuti program literasi dalam mencerdaskan umat, Jumat (5/6/2020).

Pencanangan program Gerakan Infak Buku itu dilakukan secara sederhana oleh Ketua BKM Jami Desa Kubahsentang, Amirul Khair di Masjid Jami usai pelaksanaan Sholat Jumat didampingi Sekretaris, Muhammad Syamsul, Bendahara Andi Syahputra, serta dihadiri Kepala Desa (Kades) Kubahsentang, Ihwan Hidayat, sejumlah penasehat, para imam, khatib dan jamaah.

Amirul Khair menjelaskan, pencanangan program ini merupakan bagian dari program kepengurusan BKM Jami masa periode 2020-2022 yang baru ditetapkan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pantai Labu, Jayamin Sinaga berdasarkan surat nomor : B-187/Kua.02.01.07/BA.01.1/05/2020 tertanggal 28 Mei 2020.

Selain itu, pendirian perpustakaan merupakan program BKM Jami Desa Kubahsentang dalam upaya mencerdaskan umat sejalan dengan perintah Allah SWT dalam Alquran wahyu pertama diterima Rasulullah SAW dalam surat Alalaq berbunyi ‘Iqro’ yang artinya ‘Bacalah’.

“Membaca itu jalan membuka jendela dunia. Semakin banyak membaca, peradaban manusia akan semakin maju dan berkembang. Inilah makna filosofis dari wahyu pertama berbunyi Iqro yang artinya secara harfiah bacalah,” jelas Amirul.

BKM Jami menargetkan dalam setahun kedepan bisa menghimpun 1.000 buku untuk khazanah perpustakaan Masjid Jami sebagai kebutuhan umat Islam di sekitar Masjid. Karena itu, didukung program Gerakan Infak Buku yang dicanangkan, targetnya diharapkan bisa terwujud.

Amirul berharap, semua pihak bisa turut mendukung program itu dan mendoakan yang berinfak buku mendapatkan keberkahan hidup, ditambahkan rejekinya dan dimudahkan segala urusannya serta menjadi pahala jariah di sisi Allah SWT.

“Alhamdulillah, sudah ada sejumlah orang yang berinfak buku. Doa kami untuk mereka yang sudah berinfak buku, mudah-mudahan diberkahi Allah SWT dan menjadi amal jariah,” ujarnya diiringi ucapan amin.

Sementara Ihwan Hidayat mengapresiasi program BKM Jami yang membuat perpustakaan ditindaklanjuti dengan pencanangan Gerakan Infak Buku.

Program itu dinilainya strategis dalam menumbuhkan minat baca warga Desa Kubahsentang dan sekitarnya.

Menurutnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Kubahsentang sebenarnya sudah membuat program pengadaan perpustakaan. Namun masih bingung dengan sarana dan prasarana terkait tempat, karena bangunan yang dimiliki sangat terbatas.

“Kami mengapresiasi program yang dicanangkan BKM Jami. Ini salah satu fasilitas strategis dalam menumbuhkan minat baca warga khususnya anak-anak di sini,” ucapnya.

Dirinya berjanji akan turut membantu pengadaan buku-buku bacaan agar warga mempunyai banyak pilihan materi bacaan. Ihwan berharap, warga juga turut membantu, serta lebih mengaktifkan diri gemar membaca buku agar wawasan lebih luas dan terbuka. (Idris)