BPBD Taput Lakukan Pemantauan Bencana Alam Puting Beliung dan Hujan Es

Taput, Lintangnews.com |Kejadian bencana alam berupa bencana angin puting beliung dan hujan es terjadi di Kecamatan Purba Tua dan Kecamatan Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang melaksanakan tugas di lapangan menyampaikan, bencana alam itu diakibatkan cuaca ekstrim hujan deras dan angin kencang.

Hal itu dikatakan Kepala BPBD Taput, Bonggas Pasaribu melalui Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, Goodwin Siallagan, Rabu (10/3/2021).

Menurutnya, bencana alam angin puting beliung di Kecamatan Purbatua terjadi pada Senin (8/3/2021) mulai pukul 16.00-18.00 WIB meliputi Desa Bona ni Dolok, Desa Janji Nauli, Desa Purbatua dan Desa Pardomuan.

Rumah ibadah yang rusak akibat ditimpa pohon tumbang.

Sementara di Kecamatan Parmonangan, dengan turunnya hujan es, Jumat (5/3/2021) mulai pukul 17.00-18.00 WIB, dengan lokasi kejadian di Desa Horisan Rangitgit.

“Adapun upaya penanganan yang dilakukan dengan mengerahkan personil dari BPBD, TNI, Polri dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) turun langsung ke lapangan melakukan penanganan darurat maupun pendataan rumah warga. Juga memberikan penghiburan agar warga yang terkena musibah tidak terhanyut dalam kesedihan,” ujar Goodwin.

Dampak kerusakan di Desa Horisan Ranggitgit, rusak ringan sebanyak 27 unit rumah, dengan perincian kerusakan sebanyak 685 lembar seng rusak. Di Desa Bona Ni Dolok ada 1 unit gereja HKBP rusak berat, di Desa Janji Nauli ada 7 unit rumah warga rusak berat, Desa Pardomuan rusak ringan 5 unit rumah warga dan Desa Purbatua 2 unit rumah warga rusak ringan.

“Totalnya ada sebanyak 15 unit rumah  warga yang alami rusak berat dan ringan,” terang Goodwin. (Purba)