BPBD Tobasa Himbau Warga Tidak Sembarangan Membakar

Kepala BPBD Tobasa, Herbeth Pasaribu.

Tobasa, Lintangnews.com I Mengingat kondisi cuaca panas yang melanda Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) pada bulan Maret ini, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat segera layangkan surat himbauan kepada 16 Kecamatan.

Demikian disampaikan Kepala BPBD Tobasa, Herbeth Pasaribu, Minggu (17/3/2019).

Menurutnya, data yang didapat dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cuaca panas dengan angin kering akan terjadi di bulan April 2019 di Tobasa.

Namun, pertengahan Maret hal ini diawali hampir di seluruh Tobasa dan bisa saja puncaknya terjadi di bulan April.

“Akibat cuaca panas yang terjadi di Kabupaten Tobasa menyebabkan sejumlah kebakaran rumah di sejumlah titik. Seperti, di Kecamatan Sigumpar, Kecamatan Silaen dan Kecamatan Parmaksian yang berhasil digagalkan,” terang Herbeth.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat Tobasa agar tidak membakar sembarangan. Ini untuk menghindari kebakaran rumah, khususnya hutan. Masyarakat dihimbau jangan sekali-kali mengolah lahan pertanian atau kebun dengan cara membakar.

Selanjutnya jangan membakar sampah rumah tangga dekat dengan rumah. Ini termasuk jika meninggalkan rumah pastikan seluruh lampu dipadamkan, begitu juga kompor.

“Semoga dengan melakukan tips yang kita terangkan dapat terhindar dari kejadian kebakaran. Dalam waktu dekat, kita akan edarkan surat kepada setiap Camat untuk diteruskan ke Kepala Desa (Kades),” terang Herbeth.(asri)