BPD dan LPM Kabupaten Tapsel Kunjungi Desa Denai Lama

Rombongan BPD dan LMP Kabupaten Tapsel berkunjung ke Desa Denai Lama.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Sebanyak 400 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (8/4/202) melakukan studi banding ke Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.

Kedatangan rombongan disambut Kepala Desa (Kades), Parnu dan pimpinan Direksi BUMDes Sastro 316, Irwanto di Objek Wisata Paloh Naga.

Rombongan juga disambut beberapa tarian tradisionil Jawa yang ditampilkan anak-anak sanggar lingkaran bimbingan Irwanto.

Parnu dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan para Anggota BPD dan LPM Tapsel. Menurutnya, kunjungan itu menambah motivasi mereka untuk berbuat lebih baik demi kemajuan Desa.

“Saya berharap, kunjungan ini dapat bermanfaat bagi kami dan tentunya untuk Pemkab Tapsel dalam mengelola Desa,” paparnya.

Persembahan tarian menyambut kedatangan rombongan BPD dan LPM Kabupaten Tapsel.

Sementara itu, Irwanto mengatakan, saat ini BUMDes Denai Lama menggiatkan beberapa unit usaha, antara lain membuka Pasar Tradisional Paloh Naga (PTPN) yang merupakan wisata berbasis kuliner di tengah hamparan persawahan.

“Selain itu, kami mempunyai perpustakaan keliling dan sanggar tari serta pusat kerajinan belajar masyarakat, dimana hasil karya usaha mereka itu kami tampung lalu di pasarkan keluar,” katanya.

Menurut Irwanto, kegiatan dimaksud menggali potensi di Desa Denai Lama untuk  menjadi unit usaha Desa. Termasuk menambah pendapatan ekonomi BUMDes dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Perwakilan BPD dan LPM Kabupaten Tapsel, Sutan Dalimunthe menuturkan, pihaknya cukup merasa puas dan berterima kasih pada Kades Denai lama yang telah berbagi ilmu.

“Tentunya ini sangat inspiratif tentang pengelolaan sumber daya yang ada, baik alam terlebih Sumber Daya Manusian (SDM) nya begitu bagus,” tutupnya. (Idris)