BPKP Perwakilan Sumut Turut Awasi Program MBR di Siantar

Verifikasi lapangan calon penerima hibah MBR.

Siantar, Lintangnews.com | Untuk ketiga kalinya, setelah pertama kali dilaksanakan di tahun 2019 dan 2020 lalu, di tahun 2021 ini Kota Siantar kembali ikut dalam program Hibah Air Minum dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang ditujukan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Program ini merupakan pemberian hibah dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, yang dananya bersumber dari APBN dan bertujuan mengentaskan kemiskinan lewat penyediaan sarana air bersih dengan harga murah.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai penyelenggara SPAM, dalam hal ini untuk Siantar adalah Perumda Tirtauli, menjadi pelaksana kegiatan pemasangan Sambungan Rumah (SR), sesuai dengan kriteria penerima manfaat untuk program ini.

Dalam rangka menjaga akuntabilitas pelaksanaan program ini, Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Utara juga selalu selalu turut berperan melakukan review terhadap laporan yang telah diterbitkan oleh konsultan verifikasi. Dimana untuk tahun ini, review dan verifikasi tersebut telah dilaksanakan sejak pertengahan bulan November.

“Verifikasi kegiatan MBR tahun 2021 kawasan Siantar oleh BPKP Sumut sudah dilakukan sejak seminggu lalu. Kegiatan verifikasi oleh BPKP Sumut ini juga dilakukan dengan mencatat meteran air ke rumah-rumah warga, dan Perumda Tirtauli turut mendampingi,” terang Kabag Humas Perumda Tirtauli, Jimmi Simatupang, Selasa (30/11/2021).

Nantinya, laporan hasil review BPKP tersebut menjadi bahan pertimbangan dalam rangka pemberian rekomendasi teknis pencairan dana hibah bagi masing-masing pemerintah daerah. (Rel)