Budi Utari Siregar Akui Gugatan di PTUN Medan Didorong Sejumlah ASN Pemko Siantar

103
Budi Utari Siregar.

Siantar, Lintangnews.com | Sidang perdana di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), pada Rabu (4/12/2019) atas gugatan Budi Utari terkait penonaktifan dirinya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) oleh Wali Kota Siantar, Hefriansyah masih sebatas pembacaan materi gugatan.

“Dalam sidang perdana ini, tergugat (Wali Kota Siantar) mendengar gugatan kita yang diwakilkan oleh Hery Oktarizal selaku Kabag Hukum. Untuk sidang kedua akan kembali dilakukan pada Rabu mendatang (11/12/2019),” sebut Budi Utari, Kamis (5/12/2019).

Disampaikannya, gugatan yang dilakukan dirinya ke PTUN Medan berawal dari pembebas tugasan dirinya dari jabatan Sekda Pemko Siantar.

“Sebelumnya kita kan sudah ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan SK pertama kan sudah dianulir dengan nomor 800/556/IX/WK-tahun 2019 tertanggal 24 September 2019. Maka kita ke PTUN Medan,” ujarnya.

Budi Utari mengakui, langkah yang ditempuhnya ke PTUN Medan untuk menempuh keadilan dan atas saran dari sahabatnya, serta sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemko Siantar. “Selain itu, dukungan dan doa keluarga juga kuat,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Budi menceritakan sedikit materi gugatannya yakni persoalan pemeriksaan dirinya di Inspektorat Provinsi Sumut dinilai ada kesalahan prosedur.

“Ada pelanggaran dalam pemeriksaan, karena tidak sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Selain itu, di surat pemanggilan yang dilakukan oleh Wali Kota kita juga sampaikan ada prosedur yang salah,” tutup Budi Utari.

Seperti diketahui, Budi Utari dicopot dari jabatan Sekda Siantar oleh Wali Kota, Hefriansyah . Pencopotan sempat dibatalkan oleh KASN. Namun tetap saja Hefriansyah, di hari yang sama dengan keluarnya putusan KASN, kembali menonaktifkan Budi Utari sebagai Sekda.

Lalu melantik Kusdianto sebagai Penjabat (Pj) Sekda. Pencopotan ini dinilai melanggar aturan hingga Budi Utari memilih gugat ke PTUN Medan.

Dari situs resmi PTUN Medan, perkara gugatan Budi Utari sudah teregistrasi dengan nomor 294/ G/ 2029/ PTUN MDN, terhitung didaftarkan sejak 25 November 2019 lalu. Perihal gugatan soal kepegawaian dengan tergugat Wali Kota Siantar dan penggugat adalah Budi Utari Siregar. (Elisbet)