Buka Gerakan Marharoan Bolon di Hutabayu Raja, Ini Pesan Wabup Simalungun  

Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi membuka Gerakan Marharoan Bolon Membangun Simalungun di Nagori Bahal Batu, Kecamatan Hutabayu Raja.

Simalungun, Lintangnews.com | Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi secara resmi membuka Gerakan Marharoan Bolon Membangun Simalungun di Nagori Bahal Batu, Kecamatan Hutabayu Raja, Jumat (25/6/2021).

Zonny Waldi mengatakan, gerakan marharoan bolon atau gototng royong ini merupakan gagasan dari Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam rangka memperbaiki infrastruktur jalan.

“Saya bersama beliau (Bupati) menyadari, jalan di daerah Simalungun sepanjang lebih kurang 1.800 Km. Sebanyak 1.200 Km di antaranya itu kondisinya tidak baik, bahkan ada yang rusak berat, termasuk di Kecamatan Hutabayu Raja,” kata Wabup.

Saat memasuki Nagori Bahal Batu, Zonny Waldi mengakui, kecepatan kendaraannya hanya sekitar 10 Km per jam. Bahkan kendaraan truk di depannya terlihat oleng seperti kapal di terpa ombak di lautan.

“Makanya Pemkab Simalungun menggali kembali budaya Marharoan Bolon, dengan harapan persoalan yang kita hadapi akan mudah diselesaikan termasuk menanggulangi kerusakan jalan. Mari kita saling bersinergi dengan keikhlasan. Karena ini akar budaya yang mungkin lama kita tinggalkan,” ucap Wabup.

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat agar gerakan itu dihidupkan dan dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara terutama di Bumi Habonaron do Bona.

Kepada Camat, orang nomor 2 di Simalungun itu memerintahkan untuk menggerakkan para Pangulu dan Lurah untuk selalu marharoan bolon dalam merawat dan menjaga fasilitas umum di wilayahnya masing-masing, termasuk infrastruktur jalan. Karena jalan merupakan salah satu urat nadi transportasi bagi masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian untuk dipasarkan.

Program gerakan ini mendapat dukungan dari dari PT Hutabayu marsada (HBM) berupa dana dan alat berat. Sementara dari PTPN IV Dolok Sinumbah sebanyak 5 truk batu padas dan alat berat.

Sedaangkan dari UD Jaya lestari berupa bantuan dana, PKS Kerasaan material 3 truk batu, gudang ubi sebanyak 2 truk batu padas, gudang AA 2 truk batu padas,  Barita Doloksaribu 2 truk batu padas dan Koperasi Tani Mandiri memberikan bantuan berupa dana.

Menurut Pangulu Bahal Batu, Azis Supriadi Manurung, bantuan dana yang diberikan para pengusaha itu telah digunakan untuk pengadaan petrun sebanyak 64 ton.

“Program gerakan marharoan bolon ini sangat postif untuk kembali membudayakan gotong royong dalam mengatasi berbagai permasalahan, terutama dalam mengatasi kerusakan jalan di Nagori kami sepanjang 2 Km,” katanya.

Dirinya berharap, hal ini tetap menjadi program berkelanjutan bagi Nagori Bahal Batu dan menghimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) dalam setiap berativitas meskipun kegiatan bergotong royong.

Sasaran gerakan di Kecamatan Hutabayu Raja ini perbaikan jalan rusak sepanjang lebih kurang 9 Km. Itu merupakan jalan protokol yang menghubungkan 4 Nagori yakni, Bahal Batu,  Raja Maligas, Raja Maligas I dan Silakkidir.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Anggota DPRD Simalungun, Benfri Sinaga, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Debora DPI Hutasoit, Camat Hutabayu Raja, Bangun Sihombing, Kapolsek Tanah Jawa, Kompol Selamat Manalu serta ratusan masyarakat yang antusias bersatu padu menutup lubang di tengah jalan dengan batu dan sebagian membersihkan parit. (Rel/Zai)