Bumdes Maju Desa Lumban Nabolon Raup Keuntungan Belasan Juta

Pelaksanaan rapat Bumdes Maju Desa Lumban Nabolon.

Tobasa, Lintangnews | Bumdes Maju di Desa Lumban Nabolon, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melakukan rapat pertanggungjawaban pengelolaan Bumdes, Senin (21/1/2019).

Camat Uluan Henry Butar-Butar merasa bangga dengan pelaksanaan Bumdes di Desa Lumban Nabolon, yang selama ini dijalankan dengan baik dan benar,sehingga bisa menambah pendapatan kas Ddsa dan penghasilan pengurus Bumdes.

Kepala Desa (Kades) Lumban Nabolon, Lamhot Sitorus memaparkan tentang audit keuangan Bumdes Maju yang mempunyai modal usaha sebesar Rp 124.330.000 dan dikelola selama tahun 2018.

“Selama pengelolaan, Bumdes Desa telah memperoleh keuntungan Rp 11.740.450 dan honor pengurus 10 persen persen atau sebesar Rp 1.156.434,325,” sebut Lamhot.

Menurutnya, bentuk usaha desa yang dikelola seperti pengelolaan koperasi dengan menjual alat pertanian misalnya, pupuk, pestisida dan herbisida dan lain-lain.

“Usaha penjualan pupuk itu agar petani di Lumban Nabolon terlepas dari tengkulak (rentenir) ,sehingga dapat meringankan keuangan mereka (petani). Pupuk yang dijual kepada petani di bawah harga yang dijual di toko pupuk,” ujar Lamhot. (asri)