Bunga Bangkai Ditemukan Tumbuh di Asahan

Bunga Bangkai yang tumbuh di perladangan sawit masyarakat.

Asahan, Lintangnews.com | Kemungkinan sudah lama masyarakat tidak pernah menemui tumbuhan langka ini, karena merupakan tumbuhan yang jarang hidup di sembarangan tanah.

Anehnya telah ditemukan salah satu tumbuhan di ladang masyarakat yaitu, Bunga Bangkai yang menurut bahasa latinnya Bunga Raflesia Arnoldi. Ini merupakan tumbuhan yang langka.

Bunga itu ditemukan Ihsan, salah seorang warga Dusun I Terusan Ulu, Desa Padang Sari, Kecamatan Tinggi Raja, Kabupten Asahan, Sabtu (15/12/2018).

Bunga yang memiliki ciri khas bau menyengat seperti bau bangkai. Tumbuhan langka ini belum tentu bisa selalu ditemui, karena tumbuhnya seperti musiman dan hidup di tanah yang dingin. Tidak seperti tumbuhan lainnya yang bisa tumbuh setiap waktu.

Akibat penemuan bunga itu, banyak warga yang ingin melihat langsung, sebab sangat jarang sekali bisa melihatnya.

Menurut Ihsan, bunga itu ditemukankan saat pergi menggembala sapi di daerah pinggiran sungai, tepatnya di bawah pohon kelapa sawit.

“Ketika melihat itu, saya langsung mengambil fotonya, karena ini merupakan tumbuhan langka,” ucap Ikhsan.

Dia menuturkan, mereka selalu menggembala sapi di daerah itu sudah berlangsung lama, namun baru ini menemukan tumbuhan.

“Dulu pernah juga jumpa tapi di tempat yang berbeda. Baunya menyengat sekali, apalagi kalau baru mengeluarkan tunasnya,” sebut Ikhsan. (handoko)