Bupati Ashari Tambunan Nominator Penerima Anugerah Paritrana Award

Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan bersama para Panelis.

Deliserdang, Lintangnews.com | Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan mengikuti tahap wawancara sebagai nominator penerima Anugerah Paritrana Award (penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) Tahun 2018, di Hotel Fairmount Jalan Asia Afrika Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan penilaian tahap II, di mana Deliserdang menjadi 13 besar tingkat Kabupaten/Kota se Indonesia sebagai nominator Anugerah Paritrana.

“Penilaian tahap pertama telah dilakukan pada tanggal 24-26 Januari 2019 lalu,” kata Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Pemkab Deliserdang, Norma Siagian melalui telepon selulernya, Jumat (8/2/2019).

Menurutnya, Bupati menyampaikan paparannya diadapan para panelis yakni, Chazali Husni Situmorang Praktisi dan Ahli Jaminan Sosial, Cotta Sembiring Deputi Direktur Bidang Perluasan Kepsertaan BPJS Ketenagakerjaan, Riant Nugroho Ahli Kebijakan Publik, Myra Hanartani DPN Apindo, Sonny Harry Budiutomo Harmadi Staf Ahli Bid Kependudukan di Kemenko PMK, Hotbonar Sinaga Praktisi dan Ahli Jaminan Sosial, Sri Purwaningsih Direktur SUPD II Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Wahyu Widodo Direktur Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker dan Rudy Prayitno Anggota DJSN dari unsur Serikat Pekerja.

Para panelis memberikan waktu selama 60 menit kepada Bupati Ashari Tambunan yang saat itu bersama Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Aida Harahap, Plt Kadis Ketenagakerjaan Norma Siagian dan Kepala Cabang BPJS Tanjung Morawa Syahrial untuk menyampaikan paparan tahap final nominasi penghargaan Anugerah Paritrana 2018.

Ashari Tambunan dalam paparannya di antaranya menyampaikan, tentang lapangan usaha yang banyak menyerap tenagakerja di Delisedang adalah di sektor jasa (angkutan, perdagangan, keuangan dan jasa) yaitu sebesar 57,43 persen, disusul sektor manufacture (pertambangan atau penggalian, industri, listrik, gas dan air serta bangunan) 26,92 persen, serta sektor agriculture atau pertanian 15,65 persen.

Dia juga menjelaskan jumlah angkatan kerja di Kabupaten Deliserdang untuk tahun 2017 sejumlah 911.873 orang, dari jumlah yang masuk dalam program BPJS terdiri dari sektor formal sebanyak 97.489 orang dan sektor informal 10.664 orang.

“Pegawai Non Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Deliserdang telah terdaftar pada program BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Morawa sebanyak 1.374 orang dan Aparatur Desa 3.856 orang. Sementara perusahaan yang sudah mendaftarkan tenaga kerjanya sebanyak 92.259 orang,” sebut Ashari Tambunan.

Sementara itu, Norma Siagian usai acara menjelaskan, Pemkab Deliserdang bisa masuk dalam nominasi penerima Anugerah Paritrana Award, karena berperan aktif dan peduli terhadap perlindunganpara perkerja dan pegawai ASN serta non pegawai ASN dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan. (idris)