Bupati Ashari Tambunan Terima Lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Award

Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan saat menerima penghargaan Lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Award.

Deliserdang, Lintangnews.com | Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan menerima penghargaan sebagai Pembina Karang Taruna terbaik tingkat nasional tahun 2018.

Penghargaan dalam bentuk lencana yang beri nama Anugerah Adhitya Karya Mahatva Yodha Award itu diserahkan Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial, Pepen Nazaruddin bersama Ketua Umum Karang Taruna, Didik Mukrianto kepada Bupati, Ashari Tambunan pada acara Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Nasional, di Gedung Sumpah Pemuda Bandar Lampung Provinsi Lampung, Sabtu (26/1/2019).

Hal itu dikemukakan Asisten I, Dedy Maswardi dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Deliserdang Gustur Husain Siregar yang ikut bersama Bupati menerima penghargaan itu di Bandar Lampung, melalui telefon selulernya.

Dedy Maswardi menambahkan, penghargaan Lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha katagori Pembina Umum terbaik Karang Taruna Kabupaten itu diterima dikarenakan atas  jasa-jasa dan capaian Bupati dalam membangun kemitraan.

“Penghargaan itu diterima Bupati Ashari Tambunan atas capaian dalam membangun kemitraan dengan pengurus Karang Taruna Kabupaten serta pembinaan dan pemberdayaan di tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan di Kabupaten DeliSerdang dengan baik, dari segi koordinasi, kerjasama program, peningkatan kapasitas, komunikasi serta dukungan moril maupun matril,” kata Dedy.

Gustur Husain Siregar menambahkan, penghargaan ini juga diraih dengan melakukan berbagai strategi mengoptimalkan peran Karang Taruna di Deliserdang dengan melalui berbagai strategi. Yakni, strategi dengan penguatan infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya Karang Taruna, kerjasama kemitraan dan perluasan jangkauan layanan.

“Dalam membangun Karang Taruna di Deliserdang juga dilakukan berbagai upaya untuk membangun Karang Taruna yang dilaksanakan dalam tahun 2018 lalu. Antara lain dengan menciptakan kader, membangun ekonomi produktif dan Sumber Daya Manusia (SDM),” sebut Gustur.

Selanjutnya melakukan kegiatan sosial kepada masyarakat dan penyaluran berbagai bantuan. Termasuk melakukan kegiatan Karang Taruna tingkat Kabupaten Deliserdang serta aktif dalam mengikuti kegiatan Karang Taruna di Tingkat Provinsi.

“Dengan diterimanya penghargaan ini kita akan terus mengoptimalkan peran Karang Taruna untuk membangun generasi muda, secara khusus tentunya membangun dan menghidupkan peran penumbuhan serta melakukan pembinaan lanjutan dan pembinaan kemitraan serta pemberdayaan dan peningkatan peran Karang Taruna dalam kehidupan masyarakat,” ucap Gustur mengakhiri. (idris)