Bupati Batubara Kunjungi Upja Berkah Tani Desa Rugemuk

Bupati Batubara, Zahir dan rombongan melakukan kunjungan atau studi tiru ke Upja Berkah Tani Desa Rugemuk.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Bupati Batubara, Zahir melakukan kunjungan atau studi tiru ke Upja Berkah Tani Desa Rugemuk, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (15/9/2022).

Turut mendampingi Kepala Dinas Pertanian Pemkab Batubara, Muhammad Ridwan, serta Kepala Bidang (Kabid) Horti Prasarana dan Sarana, Suriana disambut Ketua Upja Berkah Tani, Supriadi, Sekretaris Desa (Sekdes), Hermanto, Koordinator Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) UPT Dinas Pertanian Pantai Labu, Ridwan, PPL Rugemuk, Muriali dan petani millennial, Widi Setiawan.

Rombongan Bupati mengunjungi bengkel pembuatan alat pembuatan bedeng Tr4 kubota 5018 milik Upja Berkah Tani dan lahan tanaman cabai. Juga menyaksikan pembuatan bedeng dengan traktor mengunakan alat bedeng Tr4 kubota 5018.

Kunjungan yang bertujuan melihat pembuatan alat bedeng ini, sekaligus membeli alat tersebut untuk dipergunakan di areal pertanian di Kabupaten Batubara.

Zahir mengapresiasi keberadaan Upja Berkah Tani dan kedatangannya dalam rangka studi tiru ingin melihat langsung pembuatan alat pembuatan bedeng. Menurutnya, alat pembuatan bedeng ini belum ada dilihat dimana-mana, hanya di Pantai Labu.

“Alat itu akan kami pergunakan di Batubara untuk membantu pertanian khususnya membuat bedeng,” paparnya.

Lanjutnya, Batubara merupakan daerah pertanian cabai, dimana saat ini lahan di sana agak keras karena sudah banyak obat-obatan, pupuk dan lainnya. Karena itu alat ini cocok mengemburkan tanah sekaligus mencetak menjadi bedeng.

Sementara Supriadi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bupati Batubara ke Upja Berkah Tani dalam rangka studi banding melihat alat membuat bedeng yang telah mereka modifikasi .

“Alat bedeng ini telah dimodifikasi untuk membuat bedeng tanaman cabai dan lainnya agar petani lebih mudah mengolah lahannya,” kata Supri.

Salah satu petani andalan Provinsi Sumatera Utara ini juga sangat salut pada Bupati Batubara peduli dengan masyarakatnya, khususnya petani rela ke Deli Serdang ingin memesan alat pertanian demi memajukan pertanian di daerahnya.

“Semoga kunjungan dan kerja sama ini dapat bermanfaat dan menguntungkan kedua belah pihak demi memajukan masyarakat pertanian,” papar Supriadi. (Idris)