Sanggar Siswo Langgeng Budoyo Kembangkan Kerajinan Plakat dari Bambu

Pembuatan kerajinan plakat terbuat dari bahan bambu yang dikembangkan Sanggar Siswo Langgeng Budoyo.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Sanggar Siswo Langgeng Budoyo saat ini tengah mengembangkan kreasinya pembuatan kerajinan plakat terbuat dari bahan bambu.

Ini terlihat saat awak media mampir ke sanggar itu di Dusun Bina Karya Desa Pasar V Kebun Kelapa Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang, Kamis 15/9/2022).

Beberapa plakat yang sudah selesai terpampang di sanggar tersebut menunggu diambil pemesannya. Plakat ini cocok mengantikan piagam dari bentuk lain untuk mengisi hadiah beberapa perlombaan dan pertandingan.

Pimpinan Sanggar, Agus Widodo mengatakan, kreasi kerajinan pembuatan plakat dari bambu ini sudah lama ditekuni dan saat ini mereka kembangkan lagi.

“Plakat terbuat dari bambu di sekitar daerah ini, jadi gampang mendapatkan bahan bakunya. Plakat yang kami buat ini sudah pesanan orang atau panitia acara dan tinggal nunggu diambil saja,” paparnya.

Dalam pembuatan plakat ini, Agus dibantu keluarga dan anggota sanggar. Menurutnya, pekerjaan ini tidak terlalu rumit, hanya perlu ke tekunan dan kehati-hatian agar mendapat hasil yang sempurna.

Mengenai bentuk dan model dari plakat, Agus mengatakan, bisa membuatnya tergantung model yang diminta pemesan.

“Hasil dari kerajinan ini, alhamdulillah bisa sedikit membantu Sanggar yang kami bina. Kami berharap, pihak Pemerintahan Desa (Pemdes) dapat membantu dan menyokong agar kerajinan pembuatan plakat ini bisa dikenal di luar daerah,” harapnya.(Idris)